Satgas Saber Pungli Kabupaten Sasar Petugas Samsat Sinjai..

Kabarsinjai.com –¬†Petugas Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pendapatan Wilayah Sinjai, Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikuti sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 tahun 2016, tentang Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).

Sosialisasi ini dipimpin langsung Ketua Satgas Saber Pungli, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Abd. Rauf didampingi Kepala UPT Pendapatan Wilayah Sinjai, Drs. Arwin Jalil.

Abd. Rauf yang ditemui menyampaikan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka untuk mencegah dan menagntisipasi serta mengingatkan kepada petugas Samsat Sinjai, agar tidak melakukan kegiatan yang bersifat merugikan masyarakat saat mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Pajak Kendaraan dan yang lainnya.

” Karena bersentuhan langsung dengan pelayanan publik, maka hari ini kita menekankan kepada petugas Samsat Sinjai untuk mengikuti aturan yang berlaku terkait dengan pungutan-pungutan kepada masyarakat terkhusus untuk wajib pajak. Dan jika terjadi pasti ada sanksi hukum yang menanti,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Pendapatan Wilayah Sinjai, Drs. Arwin Jalil yang dimintai tanggapannya, mengaku sangat mengapresiasi langkah Tim Satgas Saber Pungli Kabupaten Sinjai yang bersedia untuk memberikan pemahaman tentang pungli termasuk bagaimana cara untuk mengantisipasi pungli tersebut.

” Terima kasih telah melakukan sosialisasi dan mengingatkan kami dengan apa dampak dari Pungli itu sendiri,” katanya.

Arwin bahkan berharap kepada petugas Samsat Sinjai, agar tetap menjaga kekompakan dalam bertugas dan saling mengingatkan dalam bekerja guna menghindari kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan masyarakat.

” Tetap jaga kebersamaan, kekompakan, dan bertugas dengan baik, untuk nama baik instansi Samsat Sinjai,” harapnya.

Sebelumnya Tim Satgas Saber Pungli Kabupaten Sinjai juga telah melakukan sosialisasi Perpres no 87 tahun 2017 dibeberapa perangkat daerah termasuk, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan kaupaten Sinjai.

 

A. MIRZA/HIRMAN.