oleh

Satu Lagi Oknum Kepala Desa Di Sinjai Jadi Tersangka Kasus Netralitas Pilkada.

KABARSINJAI.COM – Setelah sebelumnya, Dua oknum Kepala Desa di Kecamatan Sinjai Timur ditetapkan menjadi tersangka karena dugaan pelanggaran netralitas dalam pilkada 2018.

Kini, Sentra Gakkumdu Sinjai kembali menetapkan oknum kepala Desa Pattongko Kecamatan Tellulimpoe, Rahman sebagai tersangka karena ikut hadir dan memfasilitasi kampanye paslon nomor urut dua Sabirin Yahya-Andi Mahyanto (SBY – AMM) di Desa Pattongko beberapa waktu yang lalu.

Ketua Kordinator Sentra Gakkumdu Sinjai, Saifuddin Tahe mengatakan oknum kades ini memfasilitasi kampanye SBY – AMM pada tanggal 6 april lalu, dengan mengumumkan di Mesjid pada warga soal jadwal kampanyenya dan memakai fasilitas umum, yakni kantor Desa.

“Ini merupakan temuan dari panwascam tellulimpoe, saat ini sudah dilakukan pelimpahan berkas dari Panwaslu ke pihak penyidik Polres Sinjai yang tergabung dalam sentra Gakumdu untuk proses lebih lanjut.” kata Saefuddin diruang kerjanya yang juga Komisioner Panwaslu Sinjai, Kamis (19/4/2018).

Saifuddin, menambahkan jika oknum kades ini berkasnya sudah lengkap untuk dijadikan tersangka baik berupa bukti foto dan hasil klarifikasi.

Dimana dugaan pelanggarannya memenuhi unsur pasal 188 junto pasal 71 ayat 1 UU nomor 10 tahun 2016 yaitu setiap Kepala Desa yang mengambil tindakan atau keputusan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

“Dia terancam kurungan maksimal 6 bulan penjara, dengan denda paling banyak 6 juta,” tutup Saefuddin. (*)

Editor : Irawan.

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU