oleh

Segini Jumlah Alsintan yang Diserahkan Seto-Kartini ke Petani di Sinjai Selama Setahun Memimpin

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sinjai di bawah kepemimpinan Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa dan Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong telah banyak berbuat untuk petani di Bumi Panrita Kitta.

Hingga akhir tahun ini, Andi Seto sedikitnya telah memberikan 195 bantuan Alat mesin pertanian (Alsintan) kepada petani melalui kelompok tani.

Untuk Alsintan diakhir tahun 2018 sebanyak 47 unit dan bantuan alsintan yang diserahkan, Senin sore (30/12/2019) di Halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sinjai, sebanyak 148 unit. Bantuan itu bersumber dari dana APBD dan APBN.

Baca Juga: Setahun Kepemimpinannya, Bupati Andi Seto Mengaku Siap Dikritik

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh kelompok tani maupun brigade yang ada di Kecamatan.

Diharapkan pemberian bantuan ini juga meningkatkan kesejahteraan dan pendatapatan petani di Bumi Panrita Kitta sebutan daerah Kabupaten Sinjai.

“Ini merupakan kesyukuran bahwa Pemkab membantu petani, mudah-mudahan dengan pemberian ini petani bisa meningkatkan kesejahteraan, dan kualitas produksi pertaniannya bisa lebih bagus lagi”, harap Andi Seto saat ditemui di sela-sela penyerahan bantuan alsintan.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupetan Sinjai, Ir Hj Marwatiah, mengatakan, bantuan alsintan tersebut merupakan Program dan Visi Misi Bupati di sektor pertanian dalam rangka mempercepat penerapan teknologi pra panen maupun pasca panen.

“Jadi ini bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam mendukung peningkatan produksi dan produktifitas hasil tanaman pangan Hortikultura dan Perkebunan yang merupakan bagian komitmen pemkab Sinjai terhadap peningkatan kesejahteraan petani”, katanya.

Baca Juga: Bupati Sebut Jumlah Kunjungan Pasien Sakit di Sinjai Berkurang

Adapun bantuan alsintan yang diserahkan bersumber dari APBD seperti Hand traktor 31 unit, cultivator 10 unit, Pompa Air 6 unit, Perontok padi 5 unit, Mesin Pulper (pengupas kopi) 4 unit, Penggilingan Padi kecil RMU 2 unit, Pengeringan DOM driyer dan tenaga Surya (Kopi) 1 unit, serta Mesin Perajam Tembakau 10 Unit (Dana Bagi hasil cukai), dan bibit kopi 17. 500 pohon.

Sedangkan bantuan yang bersumber dari dana APBN,  traktor roda dua 40 Traktor roda empat 2 unit, mesin combine harvester 2 unit, cultivator 4 unit, dan Pompa Air 9 unit, pengupil jagung 10 unit, portreser 10 unit, mesin pemutih beras 2 paket.

Hadir dalam penyerahan bantuan alsintan tersebut Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong, Ketua DPRD Sinjai Lukman H Arsal, Forkopimda, Sekkab Sinjai, Kepala OPD, Kabag serta para penyuluh pertanian, mantri pertanian dan kelompok tani penerima bantuan. (Adi)

Editor/Andis

Komentar Facebook

BERITA TERBARU