oleh

Segini Total Perizinan yang Diterbitkan Pemkab Sinjai Selama Wabah Covid-19

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Meski pandemi Virus Corona (Covid-19), pelayanan publik pada pemerintah Kabupaten Sinjai khususnya di bidang perizinan tetap berjalan seperti biasanya.

Proses pelayanan penerbitan 26 izin yang dikelola Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sinjai tidak terhambat sama sekali.

Hal itu terbukti sejak 16 Maret 2020 kemarin saat Pemkab Sinjai menyatakan status siaga Covid-19, instansi yang dipimpin Lukman Dahlan telah mengeluarkan atau menerbitkan ratusan izin.

Pada periode Maret, misalnya DPMPTSP mengeluarkan sebanyak 71 Izin, kemudian April 73 izin dan Mei sebanyak 50 Izin. Dari ratusan izin yang telah dikeluarkan itu berhasil menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebanyak Rp23 juta lebih.

Baca Juga: Detik-detik Proses Pemakaman Korban Penikaman di Sinjai, Keluarga Sempat Menolak

“Sejak 16 Maret hingga per 26 Mei 2020 kita sudah memproses dan menerbitkan sebanyak 194 izin”, ungkap Kepala DPMPTSP Sinjai, Lukman Dahlan saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (26/5/2020)

Di jelaskan dari 26 izin yang dilayani oleh DPM-PTSP, hanya tiga macam izin yang berbayar, diantaranya Izin Mendirikan Bangunan, Izin Trayek dan Reklame.

“Tetapi selama bulan Mei ini Pak Bupati memberikan keringanan dispensasi kepada masyarakat dengan memberikan izin gratis, khusus untuk IMB,” tandasnya.

Meski saat ini dikatakan sedang dalam sistem work for Home (WFH) dan pembatasan jam pelayanan, namun tidak mengganggu pelayanan sebab semuanya telah diantisipasi sejak dini.

Baca Juga: Bupati Sinjai Terima Bantuan APD Dari Dinas Koperasi Sulsel, Ini Jenisnya

Pembatasan jam pelayanan sendiri yang sebelumnya dibuka mulai pukul 08.00-16.00 Wita, kini berubah menjadi pukul 08.00-12 00 wita.

“Semua pelayanan yang menyangkut perizinan tetap berjalan seperti biasa. Alhamdulillah animo masyarakat tetap tinggi, buktinya dari jumlah perizinan yang telah kami keluarkan”, sambungnya.

Baca Juga: Belum Ditahan, Polisi: Istri Pelaku Penikaman di Sinjai Baru Sebatas Saksi

Bahkan hari pertama berkantor pasca lebaran Idul Fitri 1441 Hijrah, DPMPTSP yang beralamat di Jalan Persatuan Raya, Kecamatan Sinjai Utara tetap memberikan pelayanan.

“Semua pelayanan yang menyangkut perizinan tetap berjalan seperti biasa. Tetapi kami tetap menerapkan protokol kesehatan, misalnya pemohon sebelum masuk diruangan harus mencuci tangan, dan memakai masker”, ungkapnya. (Ay)

Editor/Andis

Komentar Facebook

BERITA TERBARU