oleh

Segunduk Prestasi Andi Rudiyanto Asapa Caleg DPR RI Dapil Sulsel 2

KABARSINJAI.COM, SINJAI, – Tegas dan konsisten merupakan gambaran dirinya. Keberpihakannya pada rakyat kecil tak diragukan lagi. Bahkan ia rela terjun langsung, keliling keluar masuk perkampungan hanya karena ingin memastikan, apakah masyarakat sudah tidur enak atau belum. Tak heran bila sosoknya kian disegani semua kalangan.

Adalah, Andi Rudiyanto Asapa yang akrab disapa Rudi sudah tak asing lagi bagi masyarakat Sulawesi Selatan, terlebih masyarakat yang ada di Kabupaten Sinjai. Rekam jejak perjalanan hidup dan kehidupannya tertoreh begitu mendalam dalam hati masyarakat Sinjai pada khususnya.

Sederhana dan bersahaja adalah sosok petarung yang kerap tampil di muka saat harus melayani, melindungi, mengayomi dan membela rakyat. Bahkan saat memimpin Kabupaten Sinjai selama dua periode banyak perubahan yang ia torehkan.

Andi Rudiyanto Asapa mantan lawyer yang kini mengemban amanah sebagai pengurus DPP Partai Gerindra. Lantaran masih ingin berbuat banyak untuk masyarakat, Pelopor pendidikan dan kesehatan gratis ini lantas memantapkan dirinya maju di DPR RI daerah pemilihan II Sulawesi Selatan.

Baca Juga:
Dianiaya Sekampungnya, Ibrahim Jalani Perawatan Medis di RSUD Sinjai
Pelaku Penganiayaan di Sinjai Ditemukan Tewas Mengenaskan

Alasannya sederhana, karena didalam berpolitik itu tidak perlu muluk-muluk dengan hal-hal yang terlalu jauh, tapi apa yang ada di depan kita dan sepanjang bisa kita selesaikan dan menyentuh kebutuhan masyarakat kita kerjakan.

Mantan Bupati Sinjai dua periode itu mengaku membawa misi besar. Tak hanya merebut kursi Wakil Rakyat, tetapi juga penyadaran politik dan membangun gerakan rakyat. Sudah begitu, kalau dirinya berhasil terpilih nanti, maka posisinya sebagai wakil rakyat akan diperuntukkan untuk perjuangan rakyat.

Menurutnya, banyak orang berlomba-lomba menjadi anggota DPR karena motif ekonomi, yakni memperkaya diri. Juga banyak yang bermimpi menikmati status sosial tinggi, fasilitas mewah, gaji, dan tunjangan.

Namun, Rudiyanto mengingatkan, mereka yang menjadi anggota parlemen karena kepentingan pribadi jelas tidak punya agenda politik. “Politik itu soal seni menggunakan kekuasaan untuk kepentingan rakyat. Jadi, kalau tidak bicara kepentingan rakyat, itu bukan politik,” katanya.

Lantas bagaimana rekam jejak mantan Bupati Sinjai itu. Berikut sederet penghargaan yang telah diraih Andi Rudiyanto Asapa:

  1. Tahun 1996 menerima penghargaan Cincin Emas sebagai Tokoh Sulawesi Selatan dari PWI – Harian Bina baru.
  2. Tahun 1998 menerima Paniti Emas sebagai Pria Berbusana Terbaik 1997 dari Dra. Psy. Okky Asokawaty.
  3. Tahun 1997 terpilih sebagai salah satu “Sepuluh Advokat/Pengacara Terbaik/Favorit Sulawesi Selatan” oleh Fosdiami Makassar.
  4. Tahun 1998 menerima “Amanagappa Award” dari DPD Perhimpunan Sarjana Hukum Indonesia (PERSAHI) Sulawesi Selatan.
  5. Tahun 1998 diangkat sebagai “Tokoh Reformasi Sulawesi Selatan”.
  6. Tahun 1999 diangkat sebagai “Warga Kehormata (Honorary Citizen) The City Of Rapid City State Of South Dakota Amerika Serikat.
  7. Tahun 2000 menerima penghargaan sebagai Alumnus Berprestasi Terbaik dari Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.
  8. Tahun 2000 menerima penghargaan sebagai salah satu dari “Tiga Puluh Advokat/Pengacara Terbaik Mellenium Kedua” dari Jurnalis Media Indonesia.
  9. Tahun 2001 menerima “The Best Award Gold Priority 2001” untuk Bidang Reformasi Hukum dan HAM dari YP dan MPR Jakarta.
  10. Tahun 2001 menerima Asean Best Executive Award 2001 untuk Bidang hak Azasi Manusia dari KLIF dan IRDP.
  11. Tahun 2005 menerima penghargaan Widyakrama dari Presiden Republik Indonesia atas keberhasilan dalam Penuntasan Wajib Belajar 9 Tahun di Bidang Pendidikan.
  12. Tahun 2006 di Bidang Kependudukan, menerima Penghargaan Anugrah Satya Lencana Manggala Karya Kencana yang diserahkan oleh Kepala BKKBN pusat atas Prestasi Dalam Pengendalian Penduduk Melalui Program Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Sinjai.
  13. 2006 menerima penghargaan Medali Emas Peduli Pendidikan sebagai Bupati yang peduli Pendidikan dari Menteri Pendidikan Nasional.
  14. Tahun 2006 menerima penghargaan Bupati Pelopor Pembebasan Akta Kelahiran dari Menteri Pemberdayaan Perempuan RI.
  15. Tahun 2007 menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI Bapak Dr. Susilo Banbang Yudhoyono.
  16. 2006 menerima penghargaan Citra Bakti Abdi Negara dari Presiden Republik Indonesia atas Prestasi Dalam Hal Kinerja Pelayanan Publik.
  17. 2007 menerima penghargaan International Best Executive Award 2007-2008 dari Asean Programe Consultant.
  18. Tahun 2007 menerima penghargaan Manggala karya Bakti Husada Arutala dari Menteri Kesehatan RI.
  19. Tahun 2007 menerima penghargaan Lencana Kehormatan Satya Lencana Pembangunan Pertanian dari Presiden Republik Indonesia.
  20. 2007 menerima penghargaan Leadership Award 2007 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.
  21. Tahun 2007 menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia atas keberhasilan dalam tertib Lalu Lintas dan Angkutan Kota.
  22. Tahun 2008 menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia dalm tertib Lalu Lintas dan Angkutan Kota.
  23. Tahun 2008 menerima “Penghargaan Produksi Pangan Nasional” dari Presiden Republik Indonesia di Istana Negara.
  24. Tahun 2008 menerima penghargaan satya Lencana Tata Karya dari Presiden Republik Indonesia.
  25. Tahun 2008 menerima plakat penghargaan Tata Adi Nugraha dari Presiden Republik Indonesia.
  26. Tahun 2008 menerima piagam penghargaan dari PT. Pos Indonesia atas segala bantuan dalam pelayanan bantuan langsung tunai (BLT) bagi rumah tangga miskin di Kabupaten Sinjai secara door to door .
  27. Tahun 2009 menerima medali dan penghargaan kebudayaan sebagai Pembina seni budaya dan pariwisata daerah dari Badan Kerjasama Kesenian Indonesia (BKKI) di Yogyakarta.
  28. Tahun 2009 menerima Peniti Emas harian Ujung Pandang Ekspress.
  29. Tahun 2009 menerima piagam Adipura untuk kategori Kota Kecil dari Presiden Republik Inonesia.
  30. Tahun 2009 menerima penghargaan Adibhakti Mina Bahari dari Mentri Kelautan dan Perikanan RI.
  31. Tahun 2009 menerima penghargaan dari FIPO sebagai nominasi untuk kategori daerah dengan terobosan inovatif bidang pelayanan pendidikan.
  32. Tahun 2009 menerima piala upakarti dari Presiden Indonesia.
  33. Tahun 2009 menerima penghargaan KPID Award untuk kategori lembaga/insan pedulu penyiaran.
  34. Tahun 2010 menerima penghargaan dari Menteri Riset dan Teknologi RI atas kebersihan di Bidang Percepatan Pelayanan Teknologi Informasi.
  35. Tahun 2010 menerima Grand Award Bidang Ekonomi dari FIPO untuk kategori Inovasi Bidang Ekonomi Dalam Hal Pemberdayaan Potensi Lokal dan Pengentasan Kemiskinan.
  36. Tahun 2010 menerima Piagam Penghargaan Pemberdayaan Perempuan dari FIPO.
  37. Tahun 2010 menerima Piala Adipura untuk kategori Kota Kecil dari Presiden Republik Indonesia.
  38. Tahun 2010 menerima Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM dari Presiden Republik Indonesia Bapak DR. Susilo Bambang Yudhoyono atas Keberhasilan di Bidang Koperasi dan UKM.
  39. Tahun 2010 menerima penghargaan “Satya Lencana Wahana Lestari” Bidang Kehutanan dari Menteri Kehutanan RI atas keberhasilannya dalam menjaga dan melestarikan kawasan hutan di daerahnya.
  40. Tahun 2011 menerima penghargaan dari KONI Sulawesi Selatan sebagai Ketua KONI Teladan Sulawesi Selatan Tahun 2010.
  41. Tahun 2011 menerima penghargaan Sertifikat ISO 9001 – 2008 dari “Worldwide Quality Assurance” atas keberhasilannya dalam penerapan manajemen pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di Kabupaten Sinjai. (*)

Editor/Irawan.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU