oleh

Sejumlah Kamera CCTV yang Dipasang Kominfo dalam Kota Sinjai Sudah Rusak Tanpa Solusi

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Sejumlah kamera Closed Circuit Television (CCTV) pemantau milik Pemkab Sinjai kini sudah tidak berfungsi lagi alias rusak.

Padahal pemasangan CCTV dibeberapa titik dalam kota Sinjai ini baru sekitar 8 bulanan, ada apa?.

Informasi yang dihimpun, dari 20 kamera CCTV yang disebar, 5 diantaranya kini sudah tidak berfungsi seperti biasanya.

Titik lokasinya, di Jalan Ahmad Yani atau depan kolam renang KH. Muh. Tahir Sinjai dan sekitar Lapangan Nasional (Lapnas).

“Jadi ada 5 kamera dengan dua titik, kerusakannya sudah dua bulan lebih”, Ungkap salah satu operator kamera CCTV Diskominfo Sinjai, Asta Manggala”, Rabu (24/07) kemarin.

Disebutkan bahwa kerusakan itu terjadi pada switch poe (Adaptor) yang menyebabkan kamera tidak menyalah atau berfungsi seperti yang lainnya.

“Yang rusak itu bukan kamera tapi adaptornya yang mengakibatkan kedua titik lokasi pemasangan CCTV itu tidak bisa terpantau lagi“, Tendasnya.

Baca juga: Ngaku Orang Sinjai Saat Diamankan Petugas Dinsos, Ternyata Lelaki Pengemis Ini Warga Bulukumba, Lihat Videonya

Menurut Hasta, untuk memaksimalkan alat itu kembali butuh biaya lima jutaan.

“Nah, ini yang menjadi masalah karena tidak ada anggaran, apalagi memang tidak ada biaya pemeliharaannya, mau bikin apa?. kendala kita disitu sehingga belum dilakukan perbaikan”, Pungkasnya.

Dijelaskan, Kamera CCTV atau kamera video digital yang dipasang Pemerintah daerah melalui Dinas Komoinfo Sinjai ini bertujuan untuk memantau keadaan dalam suatu tempat, terutama masalah keamanan atau tindak kejahatan.

“Kamera ini memantau dan mengirimkan sinyal video pada suatu ruang yang kemudian sinyal itu akan diteruskan ke sebuah layar monitor dan semua yang dijangkau terekam”, jelas Hasta. Kepala Dinas Komoinfo Sinjai, H Firdaus membantah mengenai adanya kerusakan CCTV.

Kepala Dinas Komoinfo Sinjai, H Firdaus membantah mengenai adanya kerusakan CCTV.

“Masih berfungsi semua, ini layarnya ada, dimana tidak berfungsi. Masih berfungsi semua kok. Ini ada paralel sama Polres disini,” pintah Firdaus saat dikonfirmasi awak media, Kamis (25/7/2019)

Namun begitu, pihaknya tetap akan melakukan pengecekan terkait kondisi CCTV yang ada dibeberapa titik.

“Nanti dicek kembali kalau memang ada yang tidak berfungsi,” katanya. (Ram)

Editor / Bahar

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU