oleh

Sekalipun Menjadi Rumah Sakit Rujukan Corona, RSUD Sinjai Harus Siap

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Corona virus disease atau dikenal dengan virus corona akhir akhir ini menjadi pemberitaan hangat.

Virus yang pertama kali muncul pada tahun 2019 di Wuhan China ini ditandai dengan gejala demam, flu dan batuk sudah mewabah serta menyebar diberbagai negara.

Akibatnya WHO menggolongkan kejadian ini sebagai Public Health Emergency Of International Concern (PHIC) atau darurat kesehatan masyarakat international.

Pemberitaan mengenai virus corona di Indonesia begitu cepat bahkan di Sulawesi Selatan telah muncul list Rumah Sakit Rujukan Virus Corona yang sempat menghebohkan.

Berita ini tentu saja mengangetkan dan menimbulkan berbagai macam reaksi masyarakat, misalnya saja yang terjadi di Sinjai yang juga menjadi salah satu Rumah sakit rujukan pasien corona.

Menurut beberapa media lokal di Sinjai, hal ini sudah dikonfirmasi langsung pada Dinkes setempat namun dengan tegas pihak berwenang sepertinya membantah hal itu.

Dilain sisi, Haeril Amir yang dikonfirmasi lewat WhatsAppnya mengatakan seharusnya pihak Rumah sakit memandang kejadian sebagai hal positif sehingga secara dini dapat melakukan tindakan preventif.

Lihat juga: Membahayakan, Dewan Minta Pohon Mati Dipinggir Jalan Dipangkas DLHK Sinjai

Ia menegaskan salah satu fungsi rumah sakit yang diatur dalam pasal 1 Undang-undang Nomor 14 tahun 2009  yakni merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat

“Jadi sudah sepantasnya rumah sakit memang adalah tempat pelayanan kesehatan yang lengkap termasuk untuk menangani corona”, Harapnya, Kamis (05/03).

Menurutnya hal ini jangan dianggap sebagai ancaman. Selain itu dia juga meminta semua pihak untuk terlibat aktif mencegah penyebaran virus ini sebagaimana amanat undang undang nomor 4 tahun 1984 tentang wabah penyakit menular diatur keterlibatan aktif masyarakat.

“Inikan tanggung jawab semua pihak dan jangan hanya membebankan pekerjaan pada pemerintah”, Tandasnya.

Haeril menegaskan agar penyebaran virus ini dapat segera ditangani dengan baik oleh pemerintah sehingga tidak menimbulkan banyak korban. (**)

Editor / Andis

Komentar Facebook

BERITA TERBARU