Sekda Sambut Mahasiswa UMMA Peserta Field Trip Terpadu 2023 di Sinjai Barat

KABARSINJAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dalam hal ini Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, menerima 130 mahasiswa peserta Field Trip Terpadu 2023 atau Praktek Lapangan dari Universitas Muslim Maros (UMMA) di Kecamatan Sinjai Barat.

Penerimaan mahasiswa dari jurusan Agroteknologi dan Agrobisnis Fakultas Pertanian dan Peternakan UMMA, itu berlangsung di aula Kantor Desa Arabika, Kecamatan Sinjai Barat, Sabtu (18/11).

Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan UMMA, Dr. Andi Nur Imran, menyampaikan ucapan terima kasih telah disambut dengan baik oleh jajaran Pemkab, Kecamatan hingga Desa dalam kegiatan Field Trip Terpadu 2023.

Imran mengatakan Field Trip Terpadu 2023 merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunnya dengan mengunjungi daerah yang mempunyai potensi pertanian yang melimpah, seperti tahun ini di kecamatan Sinjai Barat.

Field Trip Terpadu 2023 dilakukan untuk menggali dan mempelajari modul pertanian masyarakat beberapa desa di Kecamatan Sinjai Barat, baik sistem usaha tani, budidaya hingga pemasaran hasil pertanian.

Total sebanyak 130 mahasiswa diboyong, terdiri dari jurusan Agroteknologi 62 orang, dan jurusan Agribisnis 68 orang.

“Jadi tujuan kami ini mau belajar banyak dengan masyarakat petani disini, melihat sistem Usaha Tani, budidaya dan pemasaran yang adik-adik tidak dapatkan di bangku kuliah,” pungkasnya.

Imran berharap Field Trip Terpadu 2023 yang dilakukan hingga 19 November, ini memberikan banyak bekal dan ilmu kepada mahasiswa.

“Mudah-mudahan kedatangan kami bisa memberikan suasana baru, minimal menjalin silaturahmi sekaligus membawa ilmu selama praktik lapangan dilakukan,” harapnya.

Sementara itu, Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa, menyampaikan rasa bangganya, sebanyak 130 mahasiswa UMMA melakukan Field Trip Terpadu 2023 di wilayah Kecamatan tersubur di Kabupaten Sinjai.

Andi Jefrianto meminta kepada peserta Field Trip Terpadu 2023 dapat serius menggali informasi kepada masyarakat petani. Tak hanya menggali informasi, akan tetapi juga memberikan masukan kepada petani terkait ilmu pertanian yang dimiliki mahasiswa UMMA.

“Silahkan menggali informasi kepada masyarakat petani, penyuluh bahkan ke Kadis Pertanian yang akan mendampingi adik-adik, kalau perlu berikan masukan mungkin ada hal yang perlu dibenahi mengingat petani kita disini masih ada yang menganut sistem pertanian yang tradisional,” jelasnya.

Usai menerima mahasiswa Field Trip Terpadu 2023, Andi Jefrianto yang didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Sinjai, H. Kamaruddin, Sekretaris DPTP Sinjai Abd Waris, Camat Sinjai Barat, A. Nasrung, Kepala Desa Arabika, Andi Harianto bersama rombongan melakukan penanaman perdana cabai di salah satu lahan milik kelompok tani.