oleh

Sekda Sinjai Ingatkan Kades Tertib Administrasi Pengelolaan Keuangan Desa

KABARSINJAI.COM, Sinjai,- Sekretaris Daerah Drs. Akbar, M. Si membuka acara Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pengelolaan Keuangan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sinjai yang berlangsung di ruang pola kantor bupati tanassang, Rabu (16/10/2019).

Sekretaris Daerah Sinjai Drs. Akbar mengungkapkan bahwa rapat ini penting dilaksanakan secara rutin untuk melakukan pembinaan kepada Pemerintah Desa khususnya terkait penggunaan anggaran.

“Kenapa ini penting dilakukan  pembinaan terkait dana desa karena terkadang anggaran yang ada tidak disalahgunakan tetapi ada perbedaan pencatatan dalam administrasinya sehingga bisa berdampak hukum,” jelas Akbar dihadapan seluruh Camat dan Kepala Desa.

Oleh karena itu selain taat pada aturan penggunaan anggaran, juga yang tak kalah  pentingnya adalah tertib administrasi.

Sementara itu, hadir Plt. Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Irwan Suaib sebagai salah satu narasumber dalam rapat monev ini membahas pembentuan PPID Desa dan Smart Kampung.

Irwan Suaib menyampaikan bahwa dalam inovasi ini bukan hanya menyediakan jaringan internet di seluruh desa akan tetapi ada jaringan intranet yang terkoneksi ke sistem lintas sektoral.

Dengan adanya smart kampung, kedepan akan dibuatkan aplikasi terkait data kemiskinan dalam bentuk pemetaan wilayah.

“Melalui inovasi ini, OPD memiliki acuan dalam melaksanakan program pengentasan kemiskinan sehingga program ataupun bantuan yang diberikan tepat sasaran,” jelasnya.

Hadir narasumber lainnya yaitu Sekretaris Bappeda Sinjai Abrar Awali terkait penyusuaian dokumen RPJMD kabupaten dan desa dan Kepala Bapenda Sinjai Asdar Amal Darmawan dengan materi optimalisasi pajak daerah. (*)

Editor: /Andis

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU