oleh

Sekolah Ramah Anak Segera Hadir di Sinjai

Kabarsinjai.com – Pemerintah provinsi (Pemprov) Sulewesi Selatan (Sulsel) dalam waktu dekat ini akan menetapkan 9 (Sembilan) Sekolah Ramah Anak (SRA) dikabupaten Sinjai, dalam rangka pemenuhan hak anak dilingkungan sekolah.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sinjai, Dra. Hj. Masati yang ditemui tim kabarsinjai.com, Jumat (19/10) kemarin menjelaskan bahwa Pemprov telah menyampaikan sekolah yang akan diusul untuk dijadikan SRA binaan DP3AP2KB.

“Pemprov kemarin telah meminta untuk mengusulkan 8 (delapan) sekolah, namun yang kami usulkan 9 (Sembilan) sekolah karena kami juga usulkan untuk Madrasah Ibtidayah (MI). Jadi semua satuan pendidikan mulai dari tingkat PAUD hingga SMA/SMK/MAN telah kita usulkan, untuk di SK kan oleh bapak Gubernur Sulsel tanggal 25 Oktober mendatang,” jelasnya.

Sekolah Ramah Anak (SRA) adalah satuan pendidikan aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan.

Selain itu juga tidak adanya lagi diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan, dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan.

Hal ini dilandasi komitmen pemerintah daerah kabupaten Sinjai dalam menyiapkan ruang anak telah terbukti dengan meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat kategori Pratama yang diterima langsung Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak Republik Indonesia (RI). (*)

Editor  : A. Mirza.

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU