oleh

Selama 2021, Segini Jumlah Izin yang Diterbitkan Gerai Pelayanan PTSP Lappa

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Meskipun pandemi Covid-19 melanda hingga saat ini, namun hal tersebut bukan menjadi penghalang untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di sektor perizinan.

Seperti yang dilakukan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sinjai melalui gerai pelayanan perizinan sektor kelautan dan perikanan di Kelurahan Lappa, Sinjai Utara.

Saat ditemui media, petugas gerai pelayanan, Herman menyebutkan bahwa selama 2021 ini, penerbitan izin yang dilakukannya didominasi oleh pelayanan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI).

“Tercatat di tahun 2021, kami telah menerbitkan izin sebanyak 829, dan semuanya didominasi SIPI,” katanya kepada media. Kamis pagi, (22/07/2021)

BACA JUGA: Rumah Sakit Pratama Senilai Rp45 Miliar di Sinjai Selatan Mulai Dibangun

Selain SIPI kata Herman, adapun jenis izin yang diterbitkan diantaranya Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP), Surat Izin Kapal Pengangkutan Ikan (SIKPI), dan Bukti Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP).

“Proses penerbitannya, kami menggunakan aplikasi SIMAP dan SIMKADA. Jadi proses pelayanan perizinan kami hanya membutuhkan waktu paling lama 20 menit, izinnya sudah bisa langsung terbit,” tambahnya.

BACA JUGA: Jabatan Kepala Kemenag Sinjai Berganti

Saat melakukan proses pelayanan, pihaknya tetap memprioritaskan penerapan protokol kesehatan (prokes) kepada para warga yang ingin mengurus di Gerai Pelayanan Perizinan DPMPTSP Sinjai yang ada di Kelurahan Lappa ini.

“Setiap masyarakat kami wajibkan memakai masker, dan pelayanan juga kami batasi untuk menghindari kerumunan,” kuncinya.

Pengoperasian gerai perizinan administrasi sektor kelautan dan perikanan Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sinjai, kini memasuki tahun ketiga sejak diresmikan akhir tahun 2018 lalu.

Gerai yang merupakan terobosan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa dan Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong ini terletak di Kompleks Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara.

Tidak hanya memberi manfaat dan kemudahan bagi pelaku usaha di sektor perikanan atau nelayan akan tetapi gerai yang telah menerbitkan ribuan izin ini juga berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD). (Baso)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU