Selangkah Menuju Sinjai Kota Barista, Terobosan Pj Bupati Tekan Pengangguran

KABARSINJAI – Satu persatu program kegiatan unggulan Penjabat (Pj) Bupati Sinjai TR Fahsul Falah tertunaikan. Total ada 10 program kegiatan unggulan yang digagas TR Fahsul Falah sejak memimpin Kabupaten Sinjai.

Salah satu yang kembali direalisasikan adalah menjadikan Sinjai Kota Barista. Alasannya tidak lain karena melihat potensi komoditi kopi yang melimpah dan berkualitas di Bumi Panrita Kitta’ sehingga membutuhkan barista untuk penyajian kopi yang baik dan benar.

Pelatihan Barista bersertifikasi pun mulai dilaksanakan dengan menggandeng Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Kopidukasi Makassar dan berlangsung selama hari di Aula Hotel Rofina, Senin (19/02).

Pj Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah berharap, pelatihan barista ini dapat menjadi jalan untuk menjadikan Sinjai Kota Barista. Tidak hanya itu, pelatihan ini diharapkan untuk mengurangi jumlah pengangguran demi mengentaskan kemiskinan ekstrem.

“Kita harapkan adanya pengurangan jumlah pengangguran dalam rangka pengentasan kemiskinan,” ucapnya.

Maka dari itu, TR sapaan akrabnya, berpesan kepada para peserta agar mengikuti pelatihan dengan baik sehingga dapat meraih predikat sebagai barista yang bersertifikasi.

” Seluruh penyajian kopi itu punya standar. Barista kita yang selama ini belum memiliki sertifikasi barista, dengan pelatihan ini akan mempermudah mereka mendapatkan pekerjaan. Apalagi ini berlaku untuk dunia internasional,” pesannya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Sinjai, H. Ramlan Hamid menjelaskan, kegiatan ini merupakan terobosan untuk menciptakan para barista yang kompeten dan memiliki sertifikasi.

Total peserta yang ikut dalam pelatihan Barista, ini sebanyak 36 orang.

Adapun kegiatan unggulan lainnya yang digagas TR, diantaranya Sinjai Bebas Katarak, Sinjai Bebas Paket A, Sinjai Go green dan Motor Listrik, Sinjai Perdagangan Carbon, Sinjai 3R, pengelolaan limbah plastik dan rumput laut, penggunaan QRIS, peningkatan infrastruktur jalan menggunakan rabat beton, serta pelatihan sumur bor. (AC)