SEMMI Anulir Perekrutan Panwascam Sinjai Sarat Kongkalikong

Kabarsinjai.com – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) kabupaten Sinjai, Ilham Hs, Minggu (08/10) menduga perekrutan calon Panitian Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang dilaksanakan Panitian Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sinjai, yang saat ini hasilnya telah diumumkan tidak sesuai prosedur.

Ilham bahkan mengklaim mempunyai data konkrit terkait adanya kongkalikong, hingga dirinya berjanji akan membuka semua data berdasarkan dari laporan kepada lembaganya.

“Kamu punya data soal pemalsuan stempel berkas yang dipakai calon untuk mendaftar panwascam ,serta ada calon yang diloloskan padahal hanya diwakili pengembalian berkasnya, semua itu saya siap hadirkan orangnya,” kata Ilham.

Lanjut Ilham, dirinya mendesak akan menindaklanjuti laporan tersebut, dan akan menyampaikan kepada Panwas Kabupaten Sinjai karena menurutnya ini sudah melanggar, dan jika memang itu terbukti maka SEMMI Sinjai meminta agar Ketua panwas Sinjai agar memecat Langsung Anggota panwas tersebut yang diluluskan .

“Ada beberapa kecamatan yang melakukan pemalsuan dokumen, dan tidak melalui prosedur diataranya Sinjai Tengah dan Sinjai Timur yang diterima di SEMMI,” terangnya.

Terpisah Ketua Panwaslu Sinjai Muhammad Rusmin mengatakan sampai saat ini pihaknya belum tau pasti yang dipersoalkan ketua SEMMI Sinjai, karena pokja penerimaan sudah menjalankan prosedur sesuai dengan ketentuan pedoman pembentukan Panwascam dari Bawaslu RI.

“Yang diduga oleh teman SEMMI menggunakan stempel palsu kami juga tidak tau, karena soal palsu atau asli itu bukan kami yang bisa membuktikan karena itu rananya polisi dan bagian forensik, dan itu delik aduan,” bebernya.

Rusmin berterima kasih kepada semua pihak yang memberikan masukan dan kritikan terkait dengan lembaganya saat ini.

“Apa yang menjadi dugaan teman SEMMI yah kalau punya bukti silahkan dilaporkan ke Bawaslu Provinsi kami siap dan tentunya buktinya sangat perlu,” kuncinya. (*)

Editor   : A. Mirza.