oleh

Seperti Ini Realisasi Home Care dan Home Visit ke Masyarakat

KABARSINJAI.COM, Sinjai,- Program Dinas Kesehatan Sinjai yakni home care home visit yang diterapkan, kini dirasakan masyarakat di Bumi Panrita Kitta sebutan daerah Kabupaten Sinjai.

Pasalnya, tenaga medis yang telah disiapkan oleh Dinkes tersebut rutin mengunjungi rumah-rumah warga hingga pelosok untuk mengecek kondisi kesehatan. Seperti halnya Home Care wilayalah Puskesmas Kampala, Kecamatan Sinjai Timur.

Penanggung Jawab Home Care Dusun Kolasa, Desa Kampala, Nur Afiat, menjelaskan home care adalah pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif yang diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka.

Tujuannya kata dia, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat agar pasien mendapat kulitas hidup yang lebih baik. Dalam mewujudkan hal itu, pihaknya intes melakukan pemeriksaan.

“Kalau di wilayah puskesmas kampala, khususnya dusun Kolasa dalam seminggu biasanya turun 2 kali,” ujar Vivi sapaan Nur Afiat, Rabu (16/10/2019) malam saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut Vivi mengatakan, pada kegiatan home care dan home visit tersebut, pihaknya juga melakukan pendampingan ibu hamil.

“Pendampingan Ibu hamil itu salah satu kegiatan untuk mengantisipasi kehamilan berisiko dengan cara melakukan kunjungan rumah dan memberi penyuluhan pada Ibu Hamil secara langsung,” tutur Bidan cantik ini.

Pada pendampingan ibu hamil tambahnya, itu dilakukan sekali sebulan. “Jadi kita turun sekali sebulan melakukan pendampingan atau pemeriksaan,” pinta dia menguraikan, home care dalam memberikan pelayanan mengutamakan pasien Lanjut Usia (Lansia)

“Biasanya kalau Home Care itu diutamakan yang pasien LanSia yang keadaannya betul-betul tidak memungkinkan untuk ke fasilitas kesehatan,” pungkas darah kelahiran Tahun 1996 itu.

Editor: /Bahar

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU