Serapan Anggaran APBD Sinjai Baru Capai 24,29 %, Ini Penyebabnya

KABARSINJAI.COM – Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab Sinjai gelar rapat monitoring dan evaluasi kegiatan pembangunan Kabupaten Sinjai tahun anggaran 2018, Triwulan II (April-Juni), Rabu (01/07) di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai.

Rapat tersebut dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sinjai, Drs. Akbar didampingin Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab Sinjai, Muh. Saleh.

Kepala Bagian Pembangunan Setdakab Sinjai Muh. Saleh mengatakan bahwa rata-rata serapan anggaran dari seluruh OPD, Bagian dan Kecamatan baru mencapai 24,29 %.

“Hal ini karena masih adanya OKPD lingkup Pemkab Sinjai yang realisasi anggarannya masih minim”, Terangnya.

Baca juga ;
Pelatihan Pengembangan Kapasitas Masyarakat Melalui Program “KOTAKU”
Lakukan Imunisasi MR, Dinkes Libatkan 1.655 Kader Posyandu di Sinjai

Selain juga disebabkan karena program yang melakukan kegiatan fisik pencairan anggaran baru pada uang muka.

Sementara itu, Sekda Sinjai Drs. Akbar menyampaikan bahwa anggaran APBD Sinjai yang terdiri belanja langsung dan Dana Alokasi Khusus (DAK) mencapai Rp. 535 milyar, sedangkan realisasi baru mencapai 24,29 % atau Rp. 130 milyar.

“Masih ada anggaran tersisa 400 milyar lebih, keterlambatan ini disebabkan karena selain pencairan baru uang muka juga karena OPD terlambat melakukan kontrak atau penunjukan langsung,” jelasnya.

Baca juga ;
Jabatan Sabirin Yahya Segera Berakhir, Siapa Pejabat Karateker Bupati?

Olehnya itu, Sekda berharap kepada seluruh OPD khususnya yang realisasinya masih sangat rendah agar mempercepat serapan anggaran sehingga ketersediaan dan realisasi anggaran termasuk progres fisik diharapkan berbanding sama.

Pada kegiatan tersebut masing-masing OPD yang memiliki capaian realisasi fisik dan keuangan rendah memaparkan penyebab dan kendala yang dihadapi.

Editor / Riswan