oleh

Sinjai Berpeluang Raih Piala Adipura Tahun 2018

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Peluang Kabupaten Sinjai untuk meraih Adipura tahun 2017/2018 sangat terbuka lebar.

Hal ini ditunjang dengan sarana dan prasarana pendukung kebersihan dan pengelolaan sampah yang masuk dalam kategori penilaian Lomba Adipura diakui tim penilai atau verifikasi dari Direktorat Pengeloaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia cukup mumpuni.

“Yang namanya peluang pasti ada, tapi kami harus lakukan dulu verifikasi seperti apa hasil penilaian ditahap pertama dan kedua yang dilakukan sebelumnya,” pungkas Okto Mulianto tim verifikasi Adipura tahap akhir saat meninjau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tondong di Sinjai Timur, Selasa (13/11/2018).

Secara keseluruhan TPA Tondong Sinjai Timur, kata Okto, yang menjadi titik pusat evaluasi dalam penilaian Adipura ini telah cukup baik sesuai dengan Permen Nomor 53 tahun 2016 tentang pedoman pelaksanaan program Adipura yang menyebutkan Kabupaten/Kota yang ingin meraih Adipura harus memenuhi non pendamping.

Baca Juga:
Capai Angka 22.478 Jiwa, Wabup Sinjai Minta OPD Prioritaskan Program Penanggulangan Kemiskinan
Sehari, Dua Rumah di Sinjai Terbakar, Satu Orang Meninggal Dunia

“Dari peninjauan ini, saya melihat secara keseluruhan cukup baik karena juga didukung dengan sistem penimbangan dari sistem pencatatan lengkap artinya tonase timbunan sampah dapat diketahui secara pasti termasuk pengelohan sampah dengan menutup dengan tanah sudah terpenuhi,” sambungnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Sinjai, A. Ikbal mengaku optimis penghargaan Adipura tahun ini akan diraih Kabupaten Sinjai, “Inilah perjuangan kita bersama satgas kebersihan terkhusus Pemkab Sinjai yang terus berkomitmen untuk mewujudkan Sinjai bersih dan bebas sampah, saya yakin hasil tahun ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Saat melakukan Verifikasi atau penilaian Adipura tahap terakhir di TPA Tondong, Okto Mulianto juga didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Sambah Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Peningkatan Kapasitas DLHK Sinjai, Andi Mappanganro dan Kepala Seksi Pengelolaan Sampah DLHK Sinjai, Zulkifli Bahar.

Diketahui, sebelumnya Kabupaten Sinjai pernah meraih penghargaan Adipura di masa kepemimpinan A. Rudiyanto Asapa periode 2003-2013 silam. (Adi)

Editor / Irawan.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU