oleh

Sinjai Ikuti Penilaian Eliminasi Malaria Kemenkes

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Tim assesment eliminasi malaria dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan penilaian eliminasi malaria di Kabupaten Sinjai secara virtual yang diikuti langsung Plt Kepala Dinas Kesehatan Sinjai drg. Farina Irfani, Rabu (14/10/2020).

Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Penyakit Menular (P2M) Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sinjai Akhirani mengatakan dalam penilaian ini, pihaknya mempresentasekan indeks laporan serta penanganan kasus malaria.

Dalam penilaian tersebut, kata Akhirani pihaknya menerima masukan terkait dengan grafik yang dipaparkan. Namun, secara keseluruhan tim penilai mengapresiasi beberapa hal yang telah dilakukan Kabupaten Sinjai yang dapat dijadikan contoh bagi Kabupaten lain.

“Contohnya terkait peta reseptif, dan peta fokus, kemudian terkait dengan pengeloala vektor karena tidak semua kabupaten itu sudah melaksanakan pelatihan untuk pengelola vektor. Nah itu menjadi poin bagi kita, sebab memanfaatkan tenaga kesling yang ada di Puskesmas,” ujarnya.

Sejak tahun 2017 lanjut Akhirani, pihaknya bekerja sama dengan perangkat desa telah melaksanakan kegiatan survei lesmigrasi pendatang khususnya dari luar daerah.

Dia juga menyebut, kasus malaria mulai mengalami penurunan sejak tahun 2017 dengan 30 kasus, 2018 28 kasus, 2019 30 kasus dan pada tahun 2020 sejak Juni-September sebanyak 12 kasus. (Baso)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU