oleh

Sinjai, Satu dari 36 Daerah di Indonesia Ikuti Penilaian Kabupaten Sehat Tingkat Nasional

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Kabupaten Sinjai kembali mengikuti verifikasi lapangan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) tingkat Nasional.

Hal ini ditandai dengan hadirnya tim verifikasi lapangan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Kabupaten Sinjai. Kamis siang, (07/10/2021)

Dalam kegiatan ini, tim verifikasi akan melakukan pemeriksaan dokumen dan peninjauan langsung ke lapangan atau lokus penilaian.

Dikatakan Kabupaten Sinjai adalah 1 dari 36 daerah di Indonesia yang ikut dalam verifikasi lapangan KKS tersebut. Di Sulawesi Selatan (Sulsel) sendiri, hanya 8 daerah yang turut terlibat dalam penilaian KKS tingkat nasional.

“Sebenarnya banyak tapi yang lolos hingga verifikasi lapangan hanya segitu, termasuk Kabupaten Sinjai,” ungkap Ketua tim verifikasi KKS Nasional, Nevy Rinda Nugraini.

BACA JUGA: Capaian Vaksinasi Anak di Sinjai Rendah, ini Masalahnya

Di tempat yang sama, Kepala Bappeda Sinjai Irwan Suaib selaku Ketua Tim Pembina KKS Sinjai menyampaikan terdapat 6 tatanan yang telah disiapkan oleh Pemerintah daerah bersama Forum Kabupaten Sehat (FKS) Sinjai dan tersebar di 3 kecamatan yakni Sinjai Utara, Sinjai Timur dan Bulupoddo.

“Ke enam tatanan yang akan diverifikasi, diantaranya pemukiman, sarana dan prasarana sehat, kawasan tertib lalulintas, pariwisata sehat, pangan dan gizi sehat, sosial, serta tatanan masyarakat sehat dan mandiri.

BACA JUGA: Aplikasi Lapor Korupsi Hadir di Sulsel, ini Kata Sekda dan Kapolres Sinjai

Irwan mengharapkan melalui verifikasi lapangan yang dilakukan saat ini, mampu mendulang penghargaan sebagai kabupaten sehat dengan status Wistara.

“Tahun 2019 lalu kita berhasil meraih penghargaan kabupaten sehat dengan status Wistara. Mudah-mudahan tahun 2021 ini bisa kita pertahankan,” harapnya.

Sebelumnya, rombongan tim verifikasi lapangan ini diterima oleh Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong didampingi sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Sinjai di Rumah Jabatan Bupati Sinjai.

BACA JUGA: Pengurus Koperasi Sinjai Dilatih Cakap Digital

Adapun lokus yang telah dipersiapkan oleh tim untuk diverifikasi, diantaranya :

  1. Tatanan Pemukiman, Sarana dan Prasarana Sehat : Program Kampung Iklim di Desa Biroro Kecamatan Sinjai Timur
  2. Tatanan Kawasan Tertib Lalulintas: Terminal Induk Tellulimpoe, Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara
  3. Tatatan Pariwisata Sehat: Pantai Mallenreng, Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur
  4. Tatanan Pangan dan Gizi:
    – Kampung Sehati (Kampung Sapi Sehat Hasil Inseminasi Buatan) di Desa Bulutellue, Kecamatan Bulupoddo
    – Kebun T’Sang di Kelurahan. Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara
  5. Tatanan Sosial : LKS Al-hidayah di Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara
  6. Tatanan Masyarakat Sehat dan Mandiri : Desa ODF dan Lokus Stunting serta Pokja Desa Sehat di Desa Lappacinrana, Kecamatan Bulupoddo
  7. Sekretariat Forum Kabupaten Sinjai Sehat dan Tim Pembina KKS di Jln. P. Raya (Kantor Ex. Samsat)
  8. Sekretariat Forum Komunikasi Kecamatan Sehat di Kantor Camat Sinjai Utara.

(Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU