oleh

Sinjai Tampilkan Alat Penyulingan Sampah Plastik Menjadi BBM di Gelaran TTG XXI Bengkulu

KABARSINJAI.COM, Bengkulu – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai mengikuti kegiatan Teknologi Tepat Guna (TTG) XXI, di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

Kegiatan yang dipusatkan di Kawasan Sport Center Pantai Panjang ini akan berlangsung selama sepekan yang dimulai, Minggu (22/09) kemarin.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai, Yuhadi Samad mengungkapkan dalam kegiatan ini, Sinjai menampilkan sebuah alat penyulingan sampah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) seperti Bensin, Solar dan Minyak Tanah.

Menurutnya hal ini merupakan hasil karya terbaik masyarakat Sinjai.

“Semoga teknologi yang dikembangkan oleh kelompok masyarakat Sinjai Tengah ini bisa berguna dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia”, Harapnya.

Hasil kerajinan tangan seperti bossara, tempat sendok dan asbak juga ikut ditampilkan yang merupakan produk hasil teknologi tepat guna binaan Badan Usaha Milik Desa dan UKM di Sinjai.

Sementara itu, Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa mengatakan, bahwa salah satu langkah strategis untuk mempercepat kemajuan ekonomi masyarakat dalam menghadapi persaingan global adalah melakukan percepatan pembangunan, melalui upaya pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang kehidupan diantaranya implementasi teknologi tepat guna.

Lihat juga: Hadapi Gelaran TTG di Bengkulu, Pemkab Sinjai Siapkan Alat Pengubah Sampah Plastik Menjadi BBM

“Sama halnya di Sinjai dengan hadirnya hasil karya ini menunjukkan betapa besarnya dorongan Pemkab Sinjai untuk terus memberdayakan para kelompok usaha, utamanya dalam hal pemanfaatan TTG yang sesuai dengan situasi lokal. Pada gilirannya tentu akan mendorong optimalisasi sumber daya baik SDMnya maupun sumber daya alam sehingga melahirkan kemandirian masyarakat yang dibarengi dengan kegiatan-kegiatan inovatif”, Jelasnya Bupati yang juga turut hadiri digelaran TTG tersebut.

Intinya kata dia, pemanfaatan teknologi tepat guna memiliki peran yang sangat strategis di dalam mendorong tumbuh kembangnya kegiatan inovatif di masyarakat.

Gelar TTG di Bengkulu dibuka oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjoyo.

Selain Bupati Sinjai, kegiatan ini juga diikuti, Ketua DPRD sinjai Abd. Haris Umar, Sekretaris Daerah Sinjai Drs Akbar, Ketua TP PKK Sinjai, Hj. A. Nurhilda Daramata Asiah, serta pejabat lainnya. (adv)

Editor / Bahar

Komentar Facebook

BERITA TERBARU