oleh

Siswa SPS ‘Sulap’ Limbah Minyak Jelantah Jadi Sabun

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Anda pernah membayangkan, limbah minyak jelantah ternyata bisa disulap menjadi sabun cuci?

Pertanyaan itu terjawab ketika siswa Sekolah Perempuan Sinjai (SPS) menggelar pelatihan pembuatan sabun cuci dari bahan minyak jelantah atau minyak bekas menggoreng. Sabtu kemarin, (25/09/2021)

Dalam pelatihan ini, SPS menghadirkan Kurniati Zainuddin selaku mentor dari Komunitas Ibu Pelipur (Penyelamat Lingkungan dari Dapur).

Dihadapan para peserta, Kurniati dengan perlahan mengajarkan ‘step by step’ proses pembuatan sabun cuci berbentuk batangan dari bahan minyak jelantah.

BACA JUGA: Sikap Dingin Tanggapi Manuver Politik Wakilnya, Bupati ASA Justru Sibuk Realisasikan Program

“Ide membuat sabun dari minyak jelantah ini tercetus karena saya menyadari akan bahaya limbah minyak jelantah yang tidak terurai di tanah jika dibuang begitu saja,” katanya.

Hal senada juga dikatakan Kepala SPS, Nila Kandi yang menilai, pembuatan sabun dari limbah minyak jelantah sebagai wujud melestarikan lingkungan.

“Adanya pelatihan ini diharapkan dapat turut serta memberdayakan ibu dari rumah, menjadi salah satu peluang industri rumahan dan tentunya ikut melestarikan lingkungan,” ungkap Nila. Minggu, (26/09/2021)

Pelatihan ini berlangsung selama satu hari yang bertempat di Rumah Quran Sinjai (RQS) Qudwatun Hasanah, Kecamatan Sinjai Utara. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU