oleh

Smansa Rover Scout Competition (SRSC) dibuka, Oleh Ketua Kwarcab Pramuka Sinjai

Kabarsinjai.com – Ketua Kwartir Cabang (Kwrcab) Gerakan Pramuka kabupaten Sinjai, Drs. H. Akmal Muin, resmi membuka kegiatan Smansa Rover Scout Competition (SRSC) tingkat pengalang dan penegak regional Sulawesi Selatan (sulsel) tahun 2017, yang bertempat di Lapangan Sinjai Bersatu. Kamis (26/10) pagi.

Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan pangkalan SMA Negeri 1 Sinjai, Drs. Ali Musa dalam sambutannya mengatakan dasar pendidikan pramuka adalah peningkatan pengelolaan pemahaman nilai-nilai karakter disiplin diharapkan dapat bermanfaat sesama manusia, agama, bangsa dan negara.

“Mari rapatkan barisan demi percepatan kemajuan untuk pergerakan-pergerakan pramuka dalam meningkatkan kader-kader pramuka yang teruji dimasa depan melalui kegiatan yang baik,” ujarnya.

Foto: Ketua Kwarcab saat memasangkan id card tanda peserta SRSC.

Sementara itu Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka kabupaten Sinjai, Drs. H. Akmal Muin dalam sambutannya mengatakan kepramukaan merupakan proses pendidikan non formal menyenangkan yang diselenggarakan diluar lingkungan sekolah dan diluar lingkungan keluarga, yang tujuannya tidak lain untuk melatih diri dengan berbagai kegiatan pembentukan karakter dan keterampilan, sebagai bekal untuk maju dan menjadi pemuda yang kreatif dan mandiri.

“Satu hal yang tidak boleh dilupakan, yakni kegiatan kepramukaan itu harus mengandung unsur pendidikan yang menyenangkan, karena gerakan pramuka tetap relevan dengan perkembangan zaman, walaupun era globalisasi dipenuhi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi,” katanya.

Untuk itu Akmal mengajak kepada seluruh anggota pramuka untuk menghayati dan mengamalkan Satya Darma pramuka bagi segenap anggota pramuka ditengah-tengah masyarakat.

Diketahui SRSC ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kecakapan, pengetahuan dan memupuk, persaudaraan antar sesama anggota pramuka serta meningkatkan ketahanan mental dan fisik untuk menghadapi persaingan global, dengan menggelar berbagai kegiatan lomba salah satu diantaranya adalah lomba Pionering Berantai untuk tingkat penggalang sedangkan untuk tingkat penegak yakni lomba Parade Smaphore.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini mulai 26 hingga 29 Oktober mendatang ini, diikuti sebanyak 32 pangkalan dari berbagai daerah seperti kabupaten Bulukumba, Bone, dan kabupaten Gowa dengan jumlah peserta sebanyak 650 orang. (*)

Editor   : A. Mirza.

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU