Soal Tilang Elektronik, Kapolda Sulsel Target 5 Kamera Terpasang di Titik Kota Sinjai

KABARSINJAI – Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), Irjen Pol Andi Rian R Djajadi menargetkan 5 titik kamera terpasang di Kabupaten Sinjai, terkait penerapan Tilang Elektronik atau Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE).

Kendati demikian, program ini kata dia, tentunya harus juga mendapat dukungan dari pemerintah daerah Kabupaten Sinjai.

“Paling tidak, saya minta kabupaten/kota minimal ada 5 titik Kamera ETLE tetapi kami meminta dukungan pak Bupati dan dukungan teman-teman DPRD Sinjai serta Kapolres agar ini bisa terwujud,” ujarnya kepada wartawan saat kunjungan kerja di Kabupaten Sinjai, Kamis (25/1).

Andi Rian mengaku penerapan tilang elektronik memang menjadi programnya sejak menjabat sebagai Kapolda Sulsel.

“Di awal saya menjadi Kapolda, saya tanya ke Dirlantas tentang ETLE dan katanya hanya disekitaran Kota Makassar. Makanya saya minta untuk ditindaklanjuti dan diterapkan juga di Kabupaten/kota,” sambungnya.

Menurut Andi Rian, program kepolisian berbasis digital melalui Tilang Elektronik tentunya untuk membantu keamanan dengan mengurangi potensi pelanggaran yang dapat menyebabkan kecelakaan lalulintas di jalan raya.

“ETLE langkah yang paling efektif untuk mengurangi hal-hal yang kita tidak inginkan apabila petugas tilang ketemu pelanggar yang mau ditilang yang biasanya kebanyakan jadi masalah dan bahkan menjadi viral atau sebagainya,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, tilang elektronik mulai berlaku di awal tahun 2024. Hingga saat ini Satlantas Polres Sinjai telah melakukan penindakan puluhan pelanggar lalulintas di Kota Sinjai. (An/ay)