oleh

Sopir Bus Pengantar CJH di Periksa Kesehatannya

Kabar Sinjai.Com – Bukan hanya Calon Jamaah Haji (CJH) Sinjai saja yang diperiksa kesehatannya, Namun supir bus yang akan mengantar mereka ke Makassar juga diperiksa sebagai bentuk antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan.

Pengecekan kesehatan dari Dinas Kesehatan bekerjasama Dinas Perhubungan Kabupaten Sinjai ini, dilakukan Minggu (06/08) sore di Terminal Angkutan Umum TellulimpoeKecamatan Sinjai Utara.

“Kegiatan ini sebagai upaya pendeteksian penyakit bagi setiap individu serta merupakan salah satu bentuk perlindungan keselamatan yang dilakukan oleh pemerintah setempat khususnya Dinas Kesehatan terhadap keselamatan pengantaran CJH maupun kepada sopir angkutan itu sendiri”, Ungkap Kepala Dinkes Sinjai, dr. A. Suriyanto Asapa.

Hal ini menurutnya sangat penting dan akan rutin di laksanakan meski bukan hanya saat-saat tertentu saja tapi sepanjang ada kerjasama atau permintaan dari instansi baik pemerintah maupun pihak swasta akan kita layani lakukan.

Sementara itu Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (P2PTM & KESWA) Dinkes Sinjai, Sitti Fatimah, SKM, mengatakan pemeriksaan ini dilakukan setelah adanya permintah dari Dinas Perhungan Sinjai.

“Atas permintaan itu kita langsung turun dan melakukan deteksi dini kepada 8 Supir dan 1 orang koordinator. Yang pasti semuanya kita periksa demi memastikan kesehatan mereka”, terangnya.

Adapun Pemeriksaan yang dilakukan terdiri dari Wawancara dan pemeriksaan kesehatan meliputi :

IMT : 4 normal, 5 obesitas umum
TD : 5 orang normal, 4 hipertensi
GDS : 8 orang normal, 1 hiperglikemi
Cholesterol : 7 normal, 2 hipercholesterol
Asam urat : 2 normal, 7 hiper
Tes Narkoba : 8 orang negatif

“Hasi dari pemeriksaan sopir tersebut sudah kami serahkan ke pihak Dinas perhubungan, hanya ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan terutama yang ada riwayat hipertensi berat di sarankan agar banyak istirahat, hindari minum kopi demi menjaga keselamatan CJH selama perjalanan” sambung Fatimah kepada wartawan.

Musim haji tahun ini, Kabupaten Sinjai mendapat kuota sebanyak 235 orang dan akan akan masuk Asrama Haji Sudiang Makassar, Senin (07/08). Kemudian mereka akan diterbangkan kemadinah Keesokan harinya. (*)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU