Sosialisasi Kebencanaan, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Apresisasi Desa Pulau Harapan

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pemerintah Desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, menyelenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan Penanggulangan Bencana dengan menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sinjai, Senin (23/09) di Aula Kantor Desa Pulau Harapan.

Tampil sebagai salah satu narasumber, Syamsul Ahmad, Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Sinjai, menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah Desa Pulau Harapan, sebab salah satunya Desa Pertama di tahun 2019 yang melakukan kegiatan Pelatihan.

“Penanggulangan bencana walau sifatnya masih dalam tahap semacam Workshop atau Sosialisasi kepada masyarakat, tetapi dengan melihat antusiasme peserta yang mengikuti kegiatan ini, tentu menjadi bahan pengetahuan dan pengalaman bagi masyarakat itu sendiri”, ungkapnya.

Lanjut Syamsul, mengatakan agar pelaksanaan sosialisasi kebencanaan seperti ini dilaksanakan oleh semua desa di Kabupaten Sinjai.

“Kami dari BPBD Sinjai berharap agar semua Desa juga melakukan kegiatan yang sama sehingga sinergitas bisa berjalan dengan baik dari pemerintah dengan masyarakat khususnya terkait dengan Kebencanaan, apalagi memang urusan Bencana merupakan urusan wajib dan tanggungjawab kita bersama”, harapnya.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Perkenalkan Penerapan Aplikasi E-claim Primer ke Dinkes Sinjai

Sementara itu, Kepala Desa Pulau Harapan, H. Ambo Sakka, mengatakan kegiatan ini terlaksana dengan menggunakan Anggaran Desa tahun 2019.

“Meski anggaran yang kami gunakan sangat minim sekali, tetapi tidak menggugurkan kehadiran para peserta yang sangat antusias dan menyimak materi yang diberikan oleh narasumber sebagai pengetahuan bagi mereka”, pungkasnya.

Pihaknya berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan dan terupdate sebagai pemahaman yang wajib diketahui oleh masyarakat.

“Mengingat letak dan kondisi geografis wilayah kami memang sangat rentan dengan Bencana, utamanya Gempa dan Tsunami, Angin Puting Beliung, Kebakaran dan Korban Tenggelam”, sambung Kepala Desa Pulau Harapan sekaligus membuka Kegiatan.

Kegiatan yang diikuti kurang lebih 70 orang peserta ini juga menghadirkan narasumber dari perwakilan TAGANA Dinas Sosial, Abd.Haris, Msi dan Relawan PMI, Drs. Muhannis, MM. (*)

Editor/Bahar