Sosialisasi Tahapan Pilkada Serentak, Pj Bupati Sinjai: Banyak Masukan

KABARSINJAI –¬†Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah, menghadiri sosialisasi penyelenggaraan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kegiatan yang dihadiri seluruh Kepala Daerah, jajaran Forkopimda serta penyelenggara Pemilu di Sulsel, ini bertempat di Ballroom Sandeq A, Hotel Claro Makassar, Sabtu (18/05/2024).

Sosialisasi tahapan Pilkada serentak dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri RI, Yusharto Huntoyungo.

Menurut Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah, sosialisasi tersebut tidak lain untuk menyatukan para pemangku kepentingan daerah dalam persiapan tahapan Pilkada serentak.

Baca Juga: Aisah Dahlan Tanamkan Pentingnya Pendidikan Entrepreneurship Bagi Gen Z

“Banyak masukan yang kami terima dari sosialisasi ini, bagaimana kedepannya agar pelaksanaan Pilkada kita lebih aman, damai, dan tertib seperti yang kita harapkan bersama,” ujarnya.

Senada diungkapkan Kapolres Sinjai, AKBP Fery Nur Abdullah, bahwa masukan dari kegiatan ini akan lebih menambah kesiapan Pemerintah, pihak pengamanan dan penyelenggara Pilkada.

Olehnya itu, kata dia pentingnya kolaborasi antara kepolisian, TNI, dan Pemerintah Daerah untuk memastikan kesiapan keamanan menjelang tahapan Pilkada yang akan dimulai pada awal Agustus mendatang.

“Ini memberikan alarm bagi kami, lebih siap menghadapi Pilkada baik dari segi penyelenggaraan maupun segi keamanan, menciptakan Pilkada yang aman dan damai,” jelasnya.

Sama halnya dengan Kapolres Sinjai, Dandim 1424 Sinjai, Letkol (Arm) Dian Akhmad Arifandi menekankan pentingnya sosialisasi awal untuk menghindari potensi pelanggaran dalam penyelenggaraan Pilkada nantinya.

Baca Juga; Murid TK Islam Thoriqul Jannah Tampilkan Drama Bela Palestina di Acara Penamatan

“Kita tidak boleh lengah karena tantangan ke depannya pasti tetap ada. Kami berharap dengan kerjasama seluruh stakeholder, media, dan masyarakat, pemilihan kepala daerah di Sulsel dapat berjalan sukses,” jelasnya.

Dari Kabupaten Sinjai sendiri, Selain Pj Bupati, Kapolres dan Dandim, kegiatan ini turut dihadiri Ketua DPRD Sinjai, Lukman H. Arsa, Kajari Sinjai Zulkarnaen, Kadisdukcapil Sinjai A. Reza Amran, Kepala Badan Kesbangpol Akbar Juhamran, Kabag Pemerintahan Setdakab Sinjai A. Veronika Amir, Ketua KPU Sinjai Muhammad Rusmin, serta Ketua Bawaslu Sinjai Muhammad Arsal Arifin. (*)