Sosialisasikan Tata Cara Pencalonan Bakal Calon Bupati Jalur Perseorangan, KPU Sinjai – Verifikasi Administrasi Akan dilakukan Secara Ketat

Kabarsinjai.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai, Sabtu (07/10) menggelar Sosialisasi Tata Cara Pencalonan Pasangan Bakal Calon Perseorangan (Independent) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sinjai tahun 2018, yang bertempat di Aula KPU Sinjai, Jalan Bhayangkara.

Sosialisasi ini dipandu Komisioner KPU Sinjai, Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Muhammad Naim. Dalam penjelasannya, Muhammad Naim merunut tata cara pencalonan untuk bakal calon perseorangan berdasarkan Peraturan KPU No. 3 Tahun 2017.

“Berdasarkan pasal 14 PKPU nomor 3, dokumen dukungan berupa surat pernyataan dukungan dilampiri foto copy KTP elektronik, atau surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” katanya mengutip isi Pasal 14 PKPU.

Lebih lanjut Muhammad Naim menambahkan bahwa, verifikasi administrasi jelasnya, juga akan dilakukan secara ketat.

“Verifikasi berdasarkan Pasal 18 PKPU tersebut dilakukan, dengan cara mencocokkan kesesuaian Nomor Induk Kependudukan, nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir dan alamat pendukung pada formulir Model B.1-KWK Perseorangan dengan fotocopy KTP Elektronik atau surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil),” jelasnya.

Sosialisasi yang dibuka Ketua KPU Sinjai, Muhammad Arsal Arifin turut dihadiri Sekretaris Panwaslu Sinjai, Alimuddin. (*)

Editor   : A. Mirza.