Stok Daging di Sinjai Dipastikan Aman Selama Ramadan

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Stok daging sapi di Kabupaten Sinjai dipastikan aman, apalagi jelang memasuki bulan suci Ramadan 1443 Hijriah tahun 2022 Masehi yang tinggal menghitung hari.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, H. Burhanuddin, menjamin hal itu. Di samping itu pihaknya juga optimis bisa mengirim ke beberapa daerah untuk membantu pemenuhan terutama daging sapi di wilayah Sulawesi Selatan dan kalimantan Timur.

“Insya Allah kita di Kabupaten Sinjai masyarakat tidak usah ragu stok daging sapi dan ayam itu mencukupi kebutuhan masyarakat kita menjelang ramadan tahun ini, bahkan stok daging sapi kita biasanya dipakai untuk menutupi kebutuhan sebagian di Makassar dan sebagian ke Kalimantan Timur,” ungkapnya saat ditemui diruang kerjanya, Senin (28/3/2022)

Terkait dengan kesehatan daging yang beredar di pasaran, Burhanuddin menegaskan pihaknya senantiasa melakulan pemeriksaan sebelum dan sesudah pemotongan ternak.

Baca juga: Kasat Polairud Berganti, Sertijab Dipimpin Kapolres Sinjai

“Jadi kita yakinkan bahwa ternak yang disembelih untuk pemenuhan daging itu adalah ternak sehat demikian juga pada saat sudah penyembelihan kita lakukan pemeriksaan kesehatan sebelum diedarkan. Sehingga kita yakini daging-daging yang diedarkan adalah daging yang memenuhi standar kesehatan,” kata dia.

Terkait dengan stok ternak sapi, Burhanuddin menyebut berkisar antara 2.000 sampai 4.000 ekor. Jumlah tersebut masih ada ditingkat petani.

Baca juga: Akademisi Puji Program Bupati ASA

“Jadi petani akan melepas itu sesuai dengan permintaan. Stoknya ada ditingkat petani, jadi aman untuk kita di Sinjai,” katanya. (Tim)