Sukses Terapkan Transformasi Digital, Kadisdik Sinjai Narasumber di Rakor Kemendikbud Ristek

KABARSINJAI –┬áKepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Sinjai, Irwan Suaib, mempresentasikan praktik transformasi digital yang diterapkan di Bumi Panrita Kitta’ sebutan daerah Kabupaten Sinjai.

Kiat praktik transformasi digital tersebut dipaparkan Irwan saat didaulat menjadi narasumber dalam rapat koordinasi (Rakor) yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) di The Rinra Hotel Makassar, Selasa (4/6/2024).

Hal tersebut menjadi bukti atas komitmen dan kesuksesan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Pendidikan (Disdik), mengimplementasikan program transformasi digital di bidang pendidikan dalam memanfaatkan platform digital untuk mendukung program Kemendikbud Ristek.

Kegigihan Disdik Sinjai yang dinahkodai Irwan Suaib dalam mengimplementasikan program ini telah mengantarkan Kabupaten Sinjai meraih berbagai penghargaan, termasuk peringkat 2 nasional program Daerah Jawara Belajar.id di tahun 2023 lalu.

Selain prestasi tersebut, Disdik Sinjai juga sukses menyelenggarakan ujian sekolah berbasis digital di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari tahun ke tahun.

Keberhasilan ini menjadi bukti nyata kesiapan dan komitmen daerah dalam bertransformasi menuju pendidikan digital.

“Ini merupakan bukti bahwa kerja keras kita untuk mentransformasi pendidikan di Kabupaten Sinjai ke arah digital telah diakui oleh kementerian,” ujar Kadisdik Sinjai dengan penuh bangga.

Saat ini pihaknya mengaku tengah fokus mengawal 7 sekolah yang telah ditunjuk menjadi sekolah rujukan Google. Program ini tidak lain untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sinjai.

Satuan pendidikan yang telah ditunjuk tersebut sebagai sekolah rujukan Google, diantaranya UPTD SMPN 1 Sinjai, UPTD SMPN 3 Sinjai, UPTD SMPN 5 Sinjai, UPTD SMPN 7 Sinjai, SDN 177 Saohiring, SDN 88 Jennae, dan SDN 103 Bontompare.

“Selanjutnya, kami akan fokus mengawal 7 sekolah rujukan Google untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan di daerah.”

Partisipasi Kadisdik Sinjai dalam rakor ini menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk terus berbenah dan berinovasi dalam mengimplementasikan program transformasi digital di bidang pendidikan.

Dengan semangat kolaborasi dan kerja keras, diharapkan seluruh daerah di Indonesia dapat mencapai kemajuan yang signifikan dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing di era digital. (*)