oleh

Tahun Depan, Pemkab Sinjai Terapkan Tanda Tangan Elektronik

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Dalam rangka pemberlakukan Tanda Tangan Elektronik (TTE) di lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai tahun 2021 mendatang, Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfio) dan Persandian Kabupaten Sinjai menggelar bimbingan teknis. Senin, (14/12/2020).

Bimtek yang berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom ini dibuka secara langsung oleh Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai, Irwan Suaib dan diikuti peserta dari perwakilan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Sinjai.

Dalam sambutannya Irwan Suaib mengatakan bahwa di era zaman modern sekarang ini kita dituntut untuk memberikan percepatan pelayanan terlebih saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 sehingga melalui metode TTE ini merupakan salah satu upaya unuk mempermudah pelayanan birokrasi dan juga upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Kita di Diskominfo sudah melakukan simulasi dan melakukan beberapa pelatihan, bukan cuma TTE saja tapi semua surat-surat yang masuk ke Diskominfo dan Persandian Sinjai itu sudah dilakukan secara elektronik sehingga disposisi dari atasan dan bawahan secara terstruktur akan secara elektronik dan itu tercatat dan terdokumentasi dengan baik,” katanya.

BACA JUGA: Selamat! Sinjai Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Upaya dari Pemkab Sinjai ini merupakan salah satu bagian dari program unggulan Bupati Sinjai yaitu smart kampung. Program ini tidak hanya menyentuh OPD akan tetapi juga akan menyasar ke Pemerintah Desa dalam memberikan pelayanan secara elektronik.

Lebih lanjut Irwan mengatakan, surat yang sudah ditandatangani secara elektronik ini selanjutnya disebar melalui media elektronik seperti WhatsApp, email OPD sehingga mempercepat penyampaian informasi dari pihak yang satu pihak yang lain.

“Jadi ke depan persuratan tidak melalui manual lagi dengan diantar langsung ke OPD tapi dilakukan melalui media elektronik yang ada,” jelasnya.

Irwan berharap para peserta bimtek dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga diharapkan tahun depan seluruh Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai sudah menerapkan tanda tangan ekektronik.

BACA JUGA: Anggota Satpol PP Sinjai Jalani Swab Massal, Ada Apa?

Sementara itu Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo dan Persandian Sinjai, Muhammad Takdir menambahkan, peserta dari bimtek ini adalah semua OPD di Sinjai yang telah memiliki file P12, yaitu file untuk penggunaan TTE di semua berkas yang akan didistribusikan secara online melalui media elektronik.

“Harapan kita semua OPD Pemkab sinjai sudah bisa membiasakan penggunaan TTE dalam pengiriman surat antar OPD sehingga bukan lagi dalam bentuk kertas,” pungkas Takdir. (Ril/Baso)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU