oleh

Tahun Ini Pasar Sentral Sinjai Bakal Disulap Jadi Pasar Modern

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pembangunan pasar modern kini tengah digagas Pemerintah Kabupaten Sinjai di awal tahun 2020.

Pasar modern yang rencananya ditempatkan di Pasar Sentral Sinjai tersebut, kini sudah dalam tahap perancangan desain pasar.

Pengusulan pembangunan pasar modern ini, menurut Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM Sinjai, Ir H Ramlan Hamid, karena kondisi bangunan pasar sentral Sinjai sudah berusia 25 tahun, termasuk jaringan listrik yang sudah tua dan sangat rentan.

Baca Juga: Doakan, Bupati ASA Berjuang di Jakarta untuk Membantu Korban Kebakaran Lods Pasar

“Inshaa Allah tahun ini kita akan bangun pasar modern. Kita tinggal tunggu persetujuan dari pihak kementerian pusat. Mungkin dua bulan kedepan kita sudah bisa jalan”, ujar Ramlan yang ditemui disela-sela penertiban lapak di Pasar Sentral Sinjai, Rabu (11/3/2020)

Rencana pembangunan pasar modern, lanjut Ramlan bahwa tidak lepas dari perhatian Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) yang betul-betul memperjuangkan hingga ke tingkat pusat.

Baca Juga: Ditengah Trend Virus Corona Harga Gula Pasir dan Bawang Putih di Sinjai Melonjak

“Pak bupati saat ini bolak balik ke Jakarta untuk melobi anggaran karena anggarannya yang dibutuhkan pasti besar jumlahnya tidak cukup dengan anggaran yang dikucurkan oleh Pemprov kemarin”, jelasnya.

Pembangunan pasar modern ini rencananya akan dilakukan secara Multiyears atau tahun jamak.

Baca Juga: Wow, Seribu Lebih Anak di Sinjai Alami Gangguan Mata, Ini Pemicunya

“Desain pasar modern ini nanti akan dilakukan satu kali, kalau misalnya anggarannya untuk tahun ini jumlahnya hanya setengah dari yang dibutuhkan, maka setengahnya dulu yang kita bangun”, jelasnya.

Terdapat hampir 400 pedagang yang ada di pasar sentral yang nantinya akan direlokasi pada saat pembangunan Pasar modern.

Sedangkan khusus untuk 24 pedagang yang lapaknya beberapa waktu lalu terbakar, sementara dicarikan tempat atau solusi dalam waktu dekat untuk direlokasi agar dapat berusaha kembali. (Adv)

Editor/Bahar

Komentar Facebook

BERITA TERBARU