oleh

Tanggap Cepat Pemkab Sinjai Terhadap Korban Angin Puting Beliung di Pulau Sembilan

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Camat Pulau Sembilan, Aditya Putra bergerak cepat meninjau lokasi rumah milik warga yang porak poranda di terjang angin puting beliung, Selasa (12/11/2019).

Diketahui sedikitnya 8 rumah terdampak angin puting beliung. Kedelapan rumah tersebut berada di Dusun Kambuno Timur, Desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan.

Dalam kunjungannya, Aditya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap anomali cuaca yang saat ini mengalami peralihan.

“Saya mewakili Bupati Sinjai menghimbau kepada seluruh masyarakat Pulau Sembilan untuk terus mewaspadai segala potensi bencana yang akan terjadi, apalagi saat ini peralihan musim,” ungkap Aditya Putra.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Sinjai mengaku prihatin atas bencana yang menimpa warga di Pulau Harapan. Menurutnya tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini.

Baca juga: Sinjai Tuan Rumah Kongnas FOKKERMAPI 2019, Ini Jadwalnya 

“Hanya ada 2 unit rumah mengalami rusak parah, sedangkan enam unit rumah lainnya hanya terjadi kerusakan kecil. Ada satu keluarga bernama Ahmad Minggu, terpaksa dievakuasi ke salah satu rumah kerabatnya akibat atap seng rumahnya nyaris habis diterjang angin kencang, untuk sementara di tutupi tenda darurat,” katanya.

Mengenai bantuan lanjutnya, pihak BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Sinjai saat ini sudah berada di lokasi terdampak bencana untuk menyalurkan bantuan sementara berupa bahan makanan dan kebutuhan sandang lainnya.

Hanya saja untuk bantuan material sampai saat ini masih dilakukan assessment kerusakan dari dampak bencana, oleh pihak pemerintah desa untuk kemudian dikoordinasikan lebih lanjut.

Bahkan Bapak Bupati, A Seto Gadhista Asapa juga meminta, agar OPD terkait untuk segera mengintervensi bantuan material paska bencana untuk korban.

“Alhamdulillah, masyarakat di sekitar lokasi pun bahu membahu melakukan evakuasi reruntuhan rumah. Begitupun Pemkab Sinjai tidak akan tinggal diam. Nanti kita akan lakukan sesuai prosedur dan warga yang rumahnya tidak layak, akan menjadi prioritas perbaikan,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Sinjai, A Seto Gadistha Asapa menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang cepat dan sigap melakukan tugas penanggulangan bencana.

“Terima kasih kepada camat Pulau Sembilan, BPBD, Dinas Sosial serta seluruh masyarakat yang sudah terlibat langsung membantu menangani dampak bencana di Pulau Harapan,” pungkas bupati.

Editor/Andis

Komentar Facebook

BERITA TERBARU