oleh

Tekan Kasus HIV/AIDS, Kadinkes Sinjai Sebut Sosialisasi Terus Digalakkan

INFOKESEHATAN.COM, – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai, gencar melakukan sosialisasi penanggulangan Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Kabupaten Sinjai.

Upaya pencegahan terhadap HIV/AIDS kepada masyarakat di daerah itu dilakukan dengan bekerja sama dengan Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Sinjai.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Emmy Kartahara Malik menerangkan, hal itu merupakan wujud perhatian terhadap penanganan HIV/AIDS di daerah ini, dengan intens melakukan sosialisasi pencegahan dan bahayanya. Terlebih, jumlah kasus HIV/AIDS terbilang meningkat.

“Berdasarkan data kami (Dinas Kesehatan), pada tahun 2021 jumlah kasus mencapai 23 orang dari 6.357 orang yang di testing. Sementara hingga triwulan II tahun 2022 ini jumlahnya sebanyak 22 kasus dari 4.018 orang di testing,” ungkap dr. Emmy saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (8/8).

Dia mengatakan bahwa, aktivitas testing Itu dilakukan kepada masyarakat pada populasi kunci seperti ibu hamil, penderita TB dan juga pada waria.

“Testing ini sebenarnya bagus dilakukan karena kita akan menemukan lebih awal kasus. Setelah ditemukan kasus maka akan diberikan terapi dan semangat agar mereka tidak merasa dikucilkan,” ujarnya. (Tim)

Baca Selengkapnya

Komentar Facebook