oleh

Terbukti Tingkatkan Kesejahteraan Peternak, Pemkab Sinjai Kembangkan Kampung IB

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Sejumlah program strategis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah kepemimpinan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) terus dikembangkan.

Salah satunya di sektor peternakan. Pengembangan sektor ini sebagai upaya dalam mendukung pencapaian visi misi Bupati Sinjai.

Tahun 2022 mendatang, Pemkab melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai akan mengembangkan Kampung Inseminasi Buatan (IB) disetiap kecamatan sebagai percontohan terkait proses penanganan IB secara terpadu.

“Kampung IB ini akan dikembangkan di Kecamatan, sehingga di desa-desa yang ada bisa mencontoh bahwa kalau kita mau IB nya sukses mau dapat penghasilan yang jauh lebih tinggi metode yang diterapkan seperti yang di kampung IB,” ungkap Kadis PKH Sinjai, H Burhanuddin, Kamis (23/12/2021)

BACA JUGA: Manfaat Program IB Plus, Klaim AUTS di Sinjai Capai Rp1.77 Miliar

Penerapan kampung IB dinilai sangat strategis dalam menunjang dan meningkatkan kesejahteraan peternak sapi yang dikenal luas di Kabupaten Sinjai, terlebih dikenal sebagai lumbung sapi potong terbanyak ketiga di Sulsel setelah Bone dan Gowa.

Betapa tidak, pedet atau anak sapi yang berumur 1 tahun saja jenis Simental sudah dihargai sebesar Rp10 juta. Berbeda dengan harga sapi lokal pada umumnya yang masih dihargai sekitar Rp5 juta.

Selain kampung IB, pihaknya akan
tetap mendukung penyediaan asuransi usaha ternak sapi (AUTS). Dimana pemerintah menyiapkan subsidi untuk 1.000 ekor sapi, sedang untuk mandiri bakal tersedia untuk 8.000 ekor.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU