Tergabung di Kloter 4, Ini Jumlah Pasti JCH Sinjai yang Siap Berangkat Haji

KABARSINJAI – Musim haji 1445 Hijriah atau tahun 2024 sebentar lagi. Berbagai persiapan telah dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) untuk pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH).

Di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, persiapan telah mencapai 99 persen. Total JCH yang bakal menunaikan rukun Islam kelima tahun ini sebanyak 239 jemaah.

“Untuk JCH Sinjai yang akan menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah tahun ini 239 jemaah,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Sinjai, Kamriati Anies, Sabtu (30/3/2024).

239 JCH Sinjai masuk atau tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 4 gelombang pertama Embarkasi Makassar (UPG). Mereka akan berangkat bersama dengan JCH asal Kota Makassar.

“Kita tergabung di kloter 4 gelombang pertama dengan 203 JCH asal Kota Makassar,” jelasnya.

Mantan Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sinjai, ini mengimbau kepada seluruh JCH untuk mempersiapkan diri, seperti fisik dan kesehatan jasmani. Apalagi cuaca di Mekkah berbeda dengan di Indonesia.

“Tetap jaga kesehatan karena suhu disana sangat jauh berbeda. Apalagi disana dengan waktu yang cukup lama kurang lebih 40 hari lamanya untuk menunaikan ibadah,” jelasnya.

Sebelumnya di tahun 2023 lalu, jumlah Jemaah Haji Kabupaten Sinjai sebanyak 288 jemaah. Di tambah kuota tambahan 13 jemaah yang berangkat belakangan sehingga total jemaah di tahun 2023 adalah 241 jemaah.

Tahun lalu jemaah haji Sinjai tergabung dengan Kloter 6. Mereka dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Sinjai, H. Jamaris yang didaulat dan dipercaya sebagai ketua kloter 6. (AC)

Komentar