oleh

Terkendala Belajar Daring, SMAN 1 Sinjai Beri Smartphone Baru ke Siswanya

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Sejak adanya pandemi Covid-19, pembelajaran di sekolah menggunakan pola daring. Untuk mengakses pembelajaran daring tersebut dibutuhkan perangkat elektronik yang bisa terhubung internet seperti Handphone atau Smartphone.

Hanya saja tidak semua siswa bisa mengikuti pola pembelajaran tersebut karena terkendala tidak adanya fasilitas atau perangkat untuk mengakses belajar daring itu. Sama seperti di SMAN 1 Sinjai, sejumlah siswa terkendala dengan hal tersebut.

Menanggapi hal itu, pihak SMAN 1 Sinjai berinisiatif untuk memberi fasilitas smartphone. Tidak tanggung-tanggung smartphone yang diberikan kepada 7 siswanya ini adalah smartphone baru yang baru saja dibeli dari toko.

Bantuan itu berasal dari dana sukarela guru dan karyawan sekolah yang diberikan kepada siswa anak yatim piatu dan kurang mampu yang tidak memiliki Smartphone untuk digunakan pembejaran secara daring.

BACA JUGA: Begini Perhatian Pemkab Sinjai di Bidang Keagamaan, Ponpes Ikut Kebagian

“Jadi dari pantauan kami, terdeteksi ada tujuh siswa yang tidak bisa mengikuti pembelajaran daring karena terkendala HP, sehingga kami bersama seluruh guru dan karyawan berinisiatif agar hal ini bisa diatasi. Kami tidak ingin ada alasan di masa Covid-19 ini siswa tidak ibisa belajar karena tidak punya HP, ” ujar Kepala SMAN 1 Sinjai, usai menyerahkan bantuan smartphone, Rabu (9/9/2020)

Menurut Arifuddin upaya ini diambil mengingat Pemerintah Pusat melalui Kemendikbud akan membagikan pulsa data secara gratis jepada seluruh siswa dan guru di Indonesia untuk digunakan belajar daring dari rumah.

“Kita tidak inginkan muncul masalah baru, ketika Pemerintah sudah menyiapkan pulsa data, namun masih ada siswa yang tidak memiliki HP. Jadi Upaya ini kita tetap lakukan secara bertahap untuk membantu siawa yang tidak memiliki HP,” ungkapnya.

BACA JUGA: Pelajar Bisa Belajar Daring di Sat Polairud Polres Sinjai

Selain itu pihak sekolah juga telah membagikan kartu data kepada seluruh siswa dan guru yang nomornya akan didaftarkan ke pemerintah untuk mendapatkan kuota internet gratis. “Jadi ada sekitar 900 lebih kartu data sudah kita bagikan kepada seluruh siswa dan guru, ” tambahnya.

Penyerahan bantuan smartphone ini turut disaksikan Ketua Ketua Komite Sekolah SMAN 1 Sinjai A. Jalil Asapa beserta keluarga besar SMAN 1 Sinjai dan orang tua siswa. (And)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU