oleh

Terlibat Politik Praktis, 2 Oknum Kades di Sinjai Mulai Diadili di Pengadilan Negeri

KABARSINJAI.COM – Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Sinjai, Sulewasi Selatan menggelar sidang terbuka terkait kasus pelanggaran Pilkada Dua Oknum Kepala Desa di Kecamatan Sinjai Timur, Rabu (2/15/2018).

Sidang pertama ini dimulai di PN sekira pukul 15.00 Wita. Dalam sidang ini hakim mendengarkan keterangan saksi – saksi dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Sinjai Timur yang merupakan bagian dari Panwaslu Sinjai sebagai pihak penggugat.

Kepala Desa Lasiai, Ambo Tuo menyampaikan bahwa tidak ada aturan yang menegaskan bahwa seorang kepala desa dilarang menghadiri acara sosialisasi pasangan calon Gubernur atau Calon Bupati.

“Tidak ada penyampaian langsung dari tim Panwas mengenai larangan kepala desa menghadiri acara sosialisasi pasangan calon gubernur atau calon bupati. Setau saya selagi kita tidak memakai atribut ataupun alat peraga kampanye yang menandakan mendukung salah satu paslon, itu tidak masalah. Selama ini Panwas tidak melakukan sosialisasi mengenai peratutan tentang larangan kepala desa ikut dalam acara sosialisasi”, ujarnya.

Kedua kepala desa yang menjadi tergugat adalah Kepala Desa Tongke-tongke Sirajuddin dan Kepala Desa Lasiai Ambo Tuo masing-masing asal Kecamatan Sinjai Timur. Mereka tertangkap basah oleh Panwascam mengikuti kegiatan kampanye terbatas calon Gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo di daerah itu.

Dalam sidang tersebut juga dihadiri oleh pihak Panwascam Sinjai Timur dan Panwaslu Kabupaten Sinjai.

Selanjutnya pihak PN Kabupaten Sinjai, kembali menjadwalkan sidang lanjutan, Kamis (3/5/2018) besok, dengan agenda mendengarkan keterangan dari saksi tergugat. (A. Sinar)

Editor. : Irawan

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU