Tertimbun Longsor, Poros Bonto Katute – Ambi Lumpuh Total

KABARSINJAI – Intensitas hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Sinjai menyebabkan sejumlah kejadian bencana alam, mulai dari tanah longsor, pohon tumbang dan banjir.

Kejadian tanah longsor misalnya kembali terjadi di jalan poros Ambi – Bonto Katute. Akses atau jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Sinjai Barat dan Sinjai Borong, ini lumpuh total.

Bencana tanah longsor terjadi Jumat, (3/5/2024) pagi sekira pukul 06:00 Wita waktu setempat. Material longsor menimbun seluruh badan jalan sepanjang 15 meter dengan ketebalan 1 meter.

Kejadian tanah longsor tersebut terjadi di Dusun Bontomanai dekat perbatasan Desa Bonto Katute dan Desa Barambang.

Sebelum tidak jauh dari lokasi kejadian, tanah bergerak dan longsor juga terjadi di jalan poros provinsi tersebut pada April lalu.

Selain di poros Ambi – Bonto Katute, bencana longsor kembali terjadi di Jalan Poros Panaikang, Kecamatan Sinjai Timur, tepatnya di Dusun Maccini.

Informasi yang dihimpun dari BPBD Sinjai, tebing setinggi 15 meter longsor akibat curah hujan yang tinggi. Peristiwa ini terjadi sekira pukul 01:30 Wita.

Material longsor berupa tanah dan batu sempat menutup penuh akses jalan. Para pengendara yang melalui jalur ini diimbau untuk lebih ekstra hati-hati. Pasalnya, kondisi curah hujan yang masih tinggi ditambah daerah tersebut sebelumnya juga longsor. (*)