Tidak Sedikit, Rp114 Miliar Telah Digelontorkan di Tellulimpoe Selama 4 Tahun Kepemimpinan Bupati ASA

KABARSINJAI – Dalam kurun waktu empat tahun yakni tahun 2019-2022 kepemimpinan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), kecamatan Tellulimpoe telah kecipratan anggaran sebesar Rp114 miliar lebih.

Berbagai kegiatan pembangunan pun telah dilakukan di kecamatan Tellulimpoe, mulai infrastruktur, kesehatan, keagamaan, pendidikan hingga di sektor pertanian.

Di bidang pendidikan, telah dilakukan pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), pembangunan dan pengadaan meubeler laboratorium komputer, serta pengadaan kelengkapan fasilitas pendidikan lainnya yang semuanya menelan anggaran Rp8,45 miliar lebih.

Kemudian di bidang kesehatan, telah dilakukan pengadaan kendaraan dinas, rehabilitasi Puskesmas dan Pustu, serta pembangunan rumah dinas Puskesmas. Anggarannya mencapai Rp1,34 miliar lebih.

Sedangkan pembangunan di bidang infrastruktur telah menelan anggaran sebesar Rp91,04 miliar lebih. Ada beberapa pembangunan yang telah dilakukan, seperti peningkatan ruas jalan sepanjang 48,76 kilometer (km).

Rehabilitasi jaringan irigasi pada 12 Daerah Irigasi (DI), pembangunan 2 unit Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Masyarakat (Pamsimas), pembangunan jaringan perpipaan desa sebanyak 480 unit sambungan rumah, serta pembangunan tangki septic skala komunal sebanyak 20 unit.

Sementara di bidang pertanian, pemerintah daerah telah memberikan bantuan ternak sapi dan asuransi ternak sapi sejumlah 2.707 ekor. Anggaran yang ditelan di sektor pertanian mencapai Rp268,28 juta lebih.

Selanjutnya, bidang perikanan telah diberikan bantuan pengadaan kapal sebanyak 2 unit, sampan fiber 2 unit, mesin kapal 3 unit, alat keselamatan (life jacket) 9 unit, dan alat bantu penangkapan ikan. Total anggarannya mencapai Rp439 juta lebih.

Di bidang ketahanan pangan, Pemkab Sinjai telah menganggarkan Rp45 juta di Kecamatan Tellulimpoe untuk bantuan lumbung pangan masyarakat, dan pemanfaatan pekarangan Hibah Pangan Lestari.

“Untuk bidang perdagangan telah dianggarkan sebesar Rp8,27 miliar lebih pada pembangunan Pasar Rakyat Lappae dan Pasar Mannanti,” ungkapnya dalam Musrenbang RKPD 2024 di aula kantor Desa Saotengah, Kecamatan Tellulimpoe, Senin (20/3/2023)

Sementara di bidang keagamaan, telah dianggarkan Rp912,5 juta untuk pembangunan 55 masjid, 1 pondok pesantren Tahfidzul Qur’an, dan bantuan rehabilitasi 4 pondok pesantren.

“Semoga apa yang telah dilakukan pemerintah daerah Kabupaten Sinjai dalam kurun waktu 4 tahun, masyarakat Sinjai khususnya Tellulimpoe dapat merasakan atau menikmati hasil pembangunan yang telah dilakukan,” harap Bupati ASA. (AC)