oleh

Tim Medis Dinkes Sinjai Intens Bantu Penanganan Korban Gempa dan Tsunami Sulteng

KABARSINJAI.COM, SINJAI, – Sejumlah tenaga medis dibawah payung Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai, dikirim ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk membantu penanganan korban pasca gempa dan tsunami.

Tenaga kesehatan terebut diberangkatkan pada Selasa, 2 Oktober lalu, dan tiba pada Kamis, 4 Oktober 2018, sore.

Baca Juga: Unggul Tiga Suara Dari Rivalnya, Rola Suryanama Nahkodai DPK KNPI Sinjai Utara

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr Suryanto Asapa saat dikonfirmasi, Jumat (5/9/2018) malam, mengatakan, setelah mendengar berita tentang musibah gempa yang kemudian disusul tsunami, pihaknya langsung memerintahkan Tim PSC 119 untuk bergerak cepat membantu korban.

“Jadi begitu ada kabar kami langsung perintahkan Tim PSC untuk segera berangkat ke lokasi gempa dalam hal memberikan pelayanan kesehatan. Dinkes Sinjai mengirim bantuan kesehatan dan obat-obatan,” ujarnya.

Suryanto menyebutkan, untuk Dinas Kesehatan sendiri mengirimkan Tim PSC 119 Dinkes Sinjai yang terdiri dari 1 orang dokter, selebihnya paramedis dan driver untuk bergabung bersama rombongan Tim Kemanusiaan yang juga dikirim oleh pemerintah daerah Sinjai dari berbagai relawan dan OPD Dinsos

Dia pun berharap, Tim kesehatan tersebut bisa membantu meringankan beban pemerintah Palu, khususnya dalam menjamin keselamatan dan kesehatan masyarakat.

“Besar harapan keberadaan tim kesehatan ini bisa meringankan penderitaan yang ada di sana. Semoga masyarakat Palu bisa terbantu dan terjaga kesehatannya,” dia berharap.

Dia juga menyampaikan duka cita yang mendalam, atas musibah tersebut. “Turut berduka cita, kiranya Allah tetap menguatkan saudara-saudara kita yang ada di sana untuk bangkit kembali pasca bencana yang terjadi,” ucap Suryanto.

Terpisah, Koordinator PSC 119 Dinkes Sinjai, Syamsul Ahmad mengatakan, pihaknya yang tiba dilokasi pada Kamis lalu, langsung berkoordinasi kemudian memberikan pelayanan kesehatan di beberapa titik di kota palu Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Buka Gala Desa, Ini Harapan Wabup Sinjai

“Begitu kita tiba dilokasi, kami langsung melakukan koordinasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menjadi korban gempa dan tsunami,” kata dia.

Kata Syamsul, selain memberikan pelayanan kesehatan, PSC 119 Dinkes Sinjai juga memberikan bantuan logistik sembako ke para pengungsi.

“Bantuan logistik yang kami salurkan juga merupakan amanah teman-teman dinas kesehatan Sinjai yang sempat kami bawa dan selebihnya kami serahkan sebelumnya ke tim kemanusiaan pemda Sinjai untuk diserahkan langsung kepada korban bencana yakni, bantuan dana, sembako dan pakaian yang dikumpul dari 16 puskesmas,” tandas Syamsul. (Ramling)

Editor/Irawan.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU