oleh

Tim Penilai Lomba Sambangi Posyandu Lansia Sejahtera Bongki

INFOKESEHATAN, – Posyandu Lansia Sejahtera di Lingkungan Popanda, Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara, menjadi wakil Kabupaten Sinjai dalam lomba Posyandu tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Tim penilai yang dipimpin oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Sulsel, Andi Nurseha disambut oleh Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik bersama Kabid Kesmas, dr. Aliawati Albek, Camat Sinjai Utara H. Sofwan Sabirin, Kapolsek Sinjai Utara, Danramil Sinjai Utara dan Lurah Bongki.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kabid Kesmas) Dinkes Sulsel, Andi Nurseha mengatakan, Sinjai merupakan Kabupaten yang masuk dari 14 Kabupaten/Kota mengikuti penilaian lomba posyandu lansia.

Menurut dia, penilaian ini dilakukan untuk memaksimalkan program- program di sektor kesehatan, karena hal tersebut merupakan program wajib di bidang kesehatan.

“Jadi bukan hanya penilaian seperti lomba ini, tapi bagaimana kita bisa mencapai derajat kesehatan yang maksimal dan akan mendapatkan bonus demografi 2045, salah satunya adalah bagaimana pemberdayaan posyandu lansia,” ujarnya, Kamis (20/10/2022).

Dia juga mengapresiasi para lansia di Kabupaten Sinjai. Sehingga, Nurseha berharap para orang tua (lansia) tersebut menjadi orang-orang yang produktif dan bisa membanggakan, bukan cuman Kelurahan Bongki, akan tetapi pada tingkat Kabupaten.

“Kita berharap para lansia yang ada bisa menjadi contoh di nasional. Ini memang sangat luar biasa karena 1/3 dari jumlah penduduk Indonesia adalah pra lansia dan lansia. Jadi memang harus kita maksimalkan untuk bisa mengawal pembangunan di bidang kesehatan,” pungkasnya.

Camat Sinjai Utara, H. Sofwan Sabirin mengungkapkan bahwa, di wilayah Kecamatan Sinjai Utara terdapat 7 Posyandu yang aktif melakukan berbagai kegiatan di masing-masing wilayahnya.

“Posyandu Lansia Sejahtera ini aktif melakukan berbagai kegiatan. Termasuk kegiatan olahraga maupun penyuluhan kesehatan bagi lansia,” ujarnya. (uc)

ADVERTISEMENT

Baca Selengkapnya

Komentar Facebook