oleh

Tingkatkan Kapasitas, AKUMANDIRI Sinjai Boyong Pelaku IUMKM ke BBSPJIHPMM Kemenperin RI

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (AKUMANDIRI) Kabupaten Sinjai, melakukan kunjungan industri ke Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Hasil Perkebunan, Mineral, Logam dan Maritim Kementerian Perindustrian (BBSPJIHPMM Kemenperin) di Jalan Prof. Abduraahman Basalamah Makassar.

Dalam kunjungannya selama dua hari pada 13-14 Oktober 2022 lalu, AKUMANDIRI Sinjai memboyong sejumlah pelaku Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (IUMKM). Tidak tanggung-tanggung sedikitnya 13 pelaku IUMKM di boyong guna meningkatkan pengetahuan para pelaku usaha.

Ketua AKUMANDIRI Sinjai, Jumain mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka meningkatkan kapasitas pelaku IUMKM, khususnya pelaku usaha yang bergelut dengan usaha mengolah cokelat. Selain itu, sebagai bentuk komitmen AKUMANDIRI Sinjai dalam membangkitkan dan mengembangkan sektor UMKM.

Pelaku IUMKM yang diboyong itu, kata dia memang merupakan pelaku usaha yang ingin melakukan pengembangan usaha dengan bahan baku cokelat.

BACA JUGA:
Kontingen Porprov Bakal Dijemput dan Diterima di Masjid Islamic Center Sinjai

Selamat, Radio Suara Bersatu dan Sinjai TV Raih Penghargaan di KPID Award 2022

“Selama dua hari kita belajar bagaimana mengolah cokelat dari cokelat mentah hingga menjadi cokelat siap saji. Karenanya kami ikutkan beberapa pelaku usaha yang selama ini bakan baku produknya menggunakan cokelat,” kata Jo sapaan akrab Jumain, Minggu (16/10/2022).

Selain belajar pengolahan cokelat, AKUMANDIRI Sinjai, juga berkesempatan melakukan dialog dengan BBSPJIHPMM yang diwakili Sub Koordinator Fungsi Pendampingan dan Pelatihan, Aulia Winaldi, mengenai layanan yang disiapkan oleh balai yang bisa diakses oleh para pelaku usaha.

(Foto bersama AKUMANDIRI Sinjai dan pelaku IUMKM Sinjai saat berkunjung BBSPJIHPMM Kemenperin. Foto/AKUMANDIRI Sinjai)

Dia berharap kedepan, dengan bantuan pemerintah akan lebih banyak lagi pada pelaku IUMKM yang bisa mengakses layanan yang disiapkan BBSPJIHPMM Kementerian Perindustrian. “Ini menjadi kesempatan bagi IUMKM kita untuk mengembangkan usahanya dengan bantuan fasilitas dari Balai,” jelasnya.

Sebelumnya, AKUMANDIRI Sinjai diterima Kepala Bagian Tata Usaha BBSPJIHPMM, Abdul Rahman didampingi Koodirnator OPTI, Yulismulianti dan beberapa pejabat eselon lainnya.

BACA JUGA:
Terjun Langsung, Bupati ASA Tegaskan Venue Siap Gelar Pertandingan Porprov 2022

Sejarah Baru, Pembukaan Porprov 2022 di Sinjai Bakal Digelar Malam Hari, ini Agenda Acaranya

Menurut Yulismulianti, kunjungan ini menjadi hal yang baru bagi BBSPJIHPMM, sebab baru kali ini pihaknya menerima kunjungan dari Asosiasi IUMKM dengan memboyong beberapa pelaku usaha. Bahkan jumlahnya belasan.

“Biasanya yang berkunjung hanya satu atau dua IUMKM saja. Ini hal baru yang baik, dan menjadi pertanda bahwa para pelaku IUMKM di Sinjai dibawah wadah Asosiasi punya niat serius untuk mengembangkan usahanya dengan berkunjung secara kolektif ke balai,” jelasnya. (Ak/UC)

Komentar Facebook