oleh

Tingkatkan Nilai Keekonomian Usaha, KPPN Sinjai Gelar FGD dengan Penyalur UMi

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) Sinjai mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan para Penyalur Dana Ultra Mikro (UMi) lingkup Kabupaten Sinjai. FGD ini berlangsung di ruang rapat KPPN Sinjai, Rabu (21/9/2022).

Kegiatan ini dihadiri Pimpinan PT. Pegadaian Sinjai Ibrahim Yusuf, Pimpinan Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Sinjai Yana Suryana, Pimpinan Unit PT. PNM Kajuara Khusnul Khoiron, Pimpinan Unit PT. PNM Sinjai Selatan Andi Nurafifah dan Pimpinan Unit PT. PNM Sinjai Utara Enjely.

Kepala KPPN Sinjai, Arif Kurniadi mengatakan, FGD ini merupakan agenda pertama di KPPN Sinjai sebagai wujud tanggung jawab bersama dalam rangka meningkatkan kinerja penyaluran pembiayaan UMi.

Pembiayaan UMi merupakan representasi kehadiran negara secara nyata dalam mendorong peningkatan usaha para pelaku usaha ultra mikro yang membutuhkan pendanaan secara mudah dan cepat sehingga dapat menguatkan kemandirian berusaha dan kesejahteraan para pelaku usaha ultra mikro tersebut.

BACA JUGA:
Disdik Sinjai Sosialisasi ANBK Pengganti UNBK

Meski Setiap Tahun Menurun, Pemkab Sinjai Terus Perkuat Strategi Atasi Kemiskinan

Menurut Arif, KPPN memiliki kepentingan untuk memastikan penyaluran dana UMi efektif kepada penerima manfaat (debitur) UMi. “Karena peran KPPN sangat strategis selaku Kuasa Bendahara Umum Negara yang diwujudkan dalam bentuk monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan penyaluran dana UMi secara periodik (semesteran),” ungkapnya.

Kepala Seksi Bank KPPN Sinjai, Edhi Purnomo dalam paparannya sebagai narasumber menyampaikan hasil monitoring dan evaluasi ketepatan data dan keekonomian debitur semester I tahun 2022.

Termasuk meminta kepada penyalur UMi untuk ikut mengawasi tingkat keekonomian pribadi dan keekonomian usaha agar tetap terjaga karena ini menjadi indikator kemanfaatan bantuan dana UMi.

“Jangan sekedar menyalurkan dana UMi, namun debitur/nasabah tetap harus dipantau, didampingi dan diberikan pelatihan agar usahanya tetap maju sehingga kesejahteraan meningkat,” tutur

BACA JUGA:
Bulan Oktober BPS Adakan Regsosek, Pemkab Sinjai Harap Masyarakat Berpartisipasi

BKN Ganjar Pemkab Sinjai 2 Penghargaan Sekaligus

Dalam FGD ini, pihak KPPN Sinjai dan penyalur UMi sepakat akan membuat form pengawasan tingkat keekonomian usaha yang nantinya akan menjadi alat untuk memberikan pendampingan yang lebih terhadap usaha debitur. (UC)

Komentar Facebook

Komentar