Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Destinasi Wisata, Disbudpar Sulsel Temu Muka Bersama Pokdarwis Se-kabupaten Sinjai

Kabarsinjai.com – Dalam rangka meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan, Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Temu Muka Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Sinjai, bertempat di Aula Pertemuan Hotel Srikandi Sinjai, Jumat (3/11).

Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Ekonomi Kreatif Disbudpar Sulsel, Muh. Nur Saleh mengatakan bahwa melalui kegiatan ini Pokdarwis diharapkan menjadi yang terdepan dalam hal pengembangan pariwisata di daerah dengan melibatkan masyarakat.

“Contohnya, kita lihat ada beberapa destinasi yang tidak maju karena masyarakat tidak terlibat, disisi lain destinasi yang masyarakatnya terlibat langsung maka destinasi tersebut akan maju dan ada peningkatan ekonomi yang didapatkan oleh masyarakat setempat,” katanya.

Maka dari itu jelasnya Pokdarwis memiliki peran penting dalam memajukan sektor pariwisata, dimana masyarakat dapat menciptakan gerakan sadar wisata dengan menciptakan kondisi yang kondusif kepada wisatawan yang berkunjung ke daerahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai, Yuhadi Samad memberi apresiasi dengan adanya kegiatan ini dengan harapan adanya pertukaran informasi dan pengalaman khususnya Pemerintah Desa dalam mempersiapkan dan menerina wisatawan di daerahnya masing-masing.

“Ini sangat perlu dilaksanakan oleh karena kedepan kita akan jadikan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan dan penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam proses pembangunan di Sinjai,” ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Para Camat, Lurah/Kepala Desa, Kelompok Sadar Wisata yang ada di Sinjai, Tokoh budaya, Tokoh Adat dan stakeholder terkait. (*)

Editor   : A. Mirza.