oleh

Tingkatkan Pemahaman Masyarakat, Kesbangpol Sinjai Gelar Sosialisasi Pemilu

Kabarsinjai.com – Kantor Kesatuan Bangsa dan politik (Kesbangpol) Sinjai, menggelar Sosialisasi tahapan dan pelaksanaan pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serentak tahun 2018 yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Sinjai utara. Senin, (06/11).

Kegiatan yang bertema “Tegakkan Demokrasi dan Gunakan Hak Pilih Anda” ini dihadiri Kapolres Sinjai AKBP. Ardiansyah, Dandim 1424 Sinjai Letkol.CZI. Gunawan Susianto, Kepala Kesbangpol Sinjai Andi Jefrianto Asapa, Camat Sinjai Utara Irwansyahrani,  Panwaslu Sinjai, Panitia Pemilihan Umum Kecamatan (PPK), Panwascam Sinjai Utara, tokoh agama, tokoh Masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan.

Kepala Kesbangpol Sinjai Andi Jefrianto Asapa yang ditemui disela-sela kegiatan mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja di dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  2018 tentang tingkat partisipasi masyarakat serta peranan masyarakat menciptakan Pilkada yang aman dan damai.

“Sengaja sosialisasi ini kita laksanakan mendahului Komisi pemilihan Umum (KPU) dan ini dilaksanakan di semua kecamatan di Sinjai, merupakan bentuk peran serta Kesbangpol Sinjai dalam memberikan pemahaman kepada semua unsur lapisan masyarakat tentang pentingnya menyalurkan hak suara serta menjaga keamanan Pilkada damai mendatang,” katanya.

Sementara itu Kapolres Sinjai AKBP. Ardiansyah menuturkan peran Polri dalam menjaga Kamtibmas dan mengawal pesta demokrasi di tahun 2018 adalah menciptakan rasa aman dalam memilih pemimpin khususnya di Sinjai.

“Marilah sama sama peduli dengan sekitarnya agar tidak ada timbulnya ganguan Kamtibmas, hindari black campain jangan langsung percaya dengan sebuah berita dan jika itu berita bohong silahkan dilaporkan jika ada seperti itu. Kerawanan yang perlu di antisipasi pada Pilkada mendatang juga adalah kerawanan masalah Daftar Pemilih tetap (DPT), masalah politik uang akan mengakibatkan ganguan kambtibmas akan terjadi, pengelembungan suara nantinya di Tempat Pemungutan Suara (TPS), politisasi demokrasi birokrasi, provokasi dari kelompok tertentu, makanya masyarakat kami harapkan bantuannya juga,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini para peserta ikut berinteraksi dengan sejumlah pertanyaan seputar kepemiluan dari para pemateri dari Polres Sinjai, Dandim, dan PPK KPU Sinjai.

Selanjutnya kegiatan sosialisasi ini juga akan dilaksanakan di Kecamatan Buluppoddo, Senin(06/11) siang. (*)

Editor   : A. Mirza.

Komentar Facebook