oleh

Tingkatkan Usaha Ekonomi Keluarga, TP PKK Kabupaten Sinjai Gelar Pelatihan UP2K

Kabarsinjai.com – Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga  (PKK) Kabupaten Sinjai melalui kelompok kerja (pokja) II (dua) bekerjasama PT. Pegadaian (Persero) cabang Sinjai, Selasa (24/10) pagi menggelar Pelatihan Pengembangan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang bertempat di Gedung PKK Sinjai.

Pelatihan yang berlangsung selama sehari ini diikuti puluhan kader PKK yang tersebar di Sembilan kecamatan dan dibuka langsung oleh Ketua TP PKK kabupaten Sinjai, Ny. Hj. Rahmatiah Sabirin.

Ketua pokja II, Dra. Hj. Suhaemi Ahmad dalam laporannya menyampikan bahwa, tujuan kegiatan UP2K ini adalah untuk memperkuat kelompok-kelompok PKK dalam mengelola dan menumbuhkembangkan usaha ekonomi untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

“Sebagai fasilitator dan pendamping untuk tercapainya peningkatan usaha ekonomi keluarga melalui usaha kelompok perorangan, meningkatkan pemahaman kader PKK, serta meningkatkan kemampuan kualitas dan kerjasama usaha ekonomi keluarga,” ujarnya.

Sementara itu Ketua TP PKK kabupaten Sinjai, Ny. Hj. Rahmatiah Sabirin dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan alternatif pokok untuk menopang perekonomian masyarakat mengingat perempuan adalah salah satu aset pembangunan yang belum diberdayakan secara maksimal, khususnya peran perempuan yang masih sangat terbatas dalam kehidupan sosial dan kehidupan ekonomi.

Lebih lanjut dikatakan bahwa peran PKK yang ada di Desa/Kelurahan dituntut dalam peningkatan  pendidikan untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM), yang berkualitas dalam usaha memenuhi kebutuhan baik untuk kader PKK sendiri maupun untuk masyarakat secara umum.

“Kami menitip pesan, agar para kader dapat mengembangkan usaha ekonomi kreatif dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui pelatihan ini, sehingga mendapatkan manfaat dan hasil yang besar,” ungkapnya.

Dalam pelatihan tersebut hadir, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Ketenagakerjaan, Ir. Ramlan Hamid, Sekretaris TP PKK, Ny. Hj. Marwah Nur, serta Deputi Bisnis Area Bantaeng PT. Pegadian (Persero) sekaligus sebagai Narasumber. (*)

Editor   : A. Mirza.

Komentar Facebook