TP PKK Sinjai Gelar Monev Kesehatan Ibu Anak dan Gizi, Ini Tujuannya

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sinjai mengadakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) kesehatan Ibu, Anak, dan Gizi di Aula Wisma Hawai. Selasa (30/07/2019)

Ketua panitia Rusmalawati, dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya acara ini untuk meningkatkan capaian kemampuan hidup sehat melalui peningkatan derajat kesehatan yang optimal bagi ibu hamil, melahirkan, menyusui, anak balita dan pra sekolah.

Sementara Wakil Ketua IV, Ira Ekawati Suryanto Asapa yang mewakili Ketua TP PKK Sinjai, menuturkan, angka kematian ibu (AKU) dan angka kematian bayi (AKB) merupakan salah satu indikator derajat kesehatan.

Namun, masalah kematian, kesakitan ibu, anak dan gizi di Indonesia masih merupakan masalah besa, khususnya di Kabupaten Sinjai harus menjadi perhatian dari seluruh pihak.

Hal ini karena Kabupaten Sinjai berada di urutan kedua teratas kasus angka kematian ibu dan anak di Sulawesi Selatan. Bukan hanya itu,  masalah yang juga perlu penanganan serius yakni stunting, dimana Sinjai masuk 10  besar di Sulsel.

Maka dari itu pelayanan kesehatan ibu dan anak, serta pemenuhan gizi diharapkan menjadi prioritas utama dalam pembangunan kesehatan di Indonesia.

“Maka dari itu saya mengimbau kepada para anggota TP.PKK Se-Kabupten Sinjai bersama para petugas kesehatan (para bidan koordinator dan pengelola gizi puskesmas) beserta para kader, dapat bekerja sama dalam kegiatan yang menitikberatkan pelayanan kesehatan ibu hamil, bayi dan anak usia sekolah”, Jelasnya.

Sebagai ujung tombak di masyarakat, kader PKK kedepan dapat tercipta inovasi-inovasi untuk mencegah kematian dan kesakitan ibu dan bayi, serta pencegahan stunting serta kelainan gizi lainnya.

Acara ini dihadiri Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Astati Made Amin, Kepala Seksi Kesga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai Dedy Hardy Hamzah. (Red)

Editor/Andis