TRIDC Terbentuk, Sinjai Kini Punya Pemandu Wisata Selam Terlatih

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Penerimaan Kartu Selam sekaligus Pengukuhan Anggota Triangle Diving Club (TRIDC) Sinjai di Ruang Pertemuan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai, Jumat (25/10/2019)

Sekretaris ADS-I (Association of Diving School International), Dr. Syafyuddin Yusuf, mengatakan dengan terbentuknya TRIDC Sinjai dapat mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Sinjai untuk pengembangan wisata bahari.

“Ketika mereka sudah terampil melakukan penyelaman, mereka bisa menjadi guide selam atau guide wisata bahari yang bertanggung jawab dan bisa menjamin keselamatan para wisatawan” kata Syafyuddin yang juga dosen kelautan Unhas Makassar.

Baca Juga: Turut Dilantik, Sudhas: Semoga HIMAS Jadi Bentengnya Orang Sinjai di Kaltim

Lebih lanjut, Syafyuddin berharap agar wisata bahari di Sinjai terus dikembangkan dengan kolaborasi TRIDC Makassar untuk menjual paket wisata yang belum dikenal orang.

“Kita mengupayakan ada pelatihan pelatihan berikutnya misalnya penyelaman tempat wisata lain dan pelatihan inspeksi pekerjaan bawah air di sekitar Makassar,” ujarnya.

Baca Juga: Puluhan Peserta Ikuti Pelatihan Pemandu Wisata Selam di Sinjai, Ini Tujuannya

Sementara itu Dra. Zakiyah Kabid Kebudayaan Disparbud Sinjai mengucapkan terima kasih kedatangan TRIDC Makassar untuk melatih para pemandu wisata yang ada di Kabupaten Sinjai.

Baca Juga: Akhir Tahun Ini, Desa Bontotengnga Sinjai Borong Punya Pasar Rakyat

“Mudah mudahan memberikan pembelajaran khususnya bagi peserta bukan hanya sekedar mengikuti pelatihan kedepan terus eksis tidak berhenti sampai disini,” harapnya.

Sebelumnya, sebagai rangkaian kegiatan ini telah berlangsung pelatihan pemandu wisata selam pada tanggal 19 – 22 September 2019 lalu yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik dari Kementerian Pariwisata tahun 2019. (Ayu/Aswd)

Editor/Andis