Tukar QRIS Kotak Amal Masjid, Pelaku Ditangkap Polisi, Ternyata Mantan Karyawan BUMN

KABARSINJAI – Pihak kepolisian berhasil membekuk pelaku penipuan dengan modus mengganti Qris kotak amal masjid di sejumlah lokasi di Jakarta Selatan. Saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo membenarkan pelaku penipuan Qris kotak amal masjid telah diamankan.

“Iya benar untuk pelaku sudah kita amankan,” terangnya saat dikonfirmasi, Selasa (11/4/2024). Namun begitu, Ia belum menjelaskan rinci motif pelaku nekat berbuat kriminal.

M Imam Mahlil Lubis (39) tersangka kasus penipuan dengan menukar QRIS kotak amal masjid wilayah DKI Jakarta telah menghimpun dana senilai Rp13 juta dalam sepekan.

“Total dana yang terkumpul Rp 13.060.000;” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis kepada wartawan, Selasa (11/4/2023).

Auliansyah menuturkan, tersangka ternyata pernah bekerja sebagai pegawai di bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Terkait dengan latarbelakang yang bersangkutan, pernah bekerja di salah satu Bank, bank BUMN salah satu Bank BUMN,” katanya.

Auliansyah mengatakan modus pelaku mulai terendus setelah salah satu marbot masjid di kawasan Blok M Square, Jaksel menanyakan kepada pengurus masjid terkait siapa yang menempelkan QRIS di kotak amal.

Namun, pengurus masjid tidak mengetahui siapa yang menempel QRIS tersebut.

“Kemudian dicek kembali di masjid tersebut ada berapa tempat atau beberapa dinding telah tertempel QRIS tersebut. kemudian dari DKM masjid melaporkan hal ini ke salah satu Posek di Jakarta Selatan,” ucap Lubis.

Sebelumnya, viral aksi pria dengan sengaja mengganti sejumlah stiker Qris kotak amal masjid di Jakarta Selatan. Tak hanya itu, pelaku juga diketahui beraksi di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat.

Dari rekaman CCTV yang beredar, aksi penipuan tersebut dilakukan dengan orang yang sama. Untuk di Masjid Istiqlal sendiri, total terdapat 50 stiker Qris kotak amal masjid diganti pelaku. (Poskota)