oleh

UMKM Sinjai Didorong Melek Digital

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Para pelaku UMKM dalam mengembangkan sektor perekonomian diharapkan harus melakukan adaptasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi atau melek digital.

Hal itu dinilai sebagai cara untuk memulihkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yang berefek pada turunnya pendapatan masyarakat.

Demikian dikatakan Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Setdakab Sinjai, A. Mandasini Saleh saat ditemui di ruang kerjanya. Rabu, (03/11/2021)

“Upaya pemerintah daerah dalam pemulihan ekonomi yakni dengan mengubah pola pemasaran dan pembayaran pelaku ekonomi diarahkan ke digitalisasi,” katanya.

BACA JUGA: Irwan Suaib Sebut Pentingnya Peran Pemuda dalam Pembangunan

Upaya ini kata dia, juga sejalan dengan program Pemerintah Pusat yang dilakukan dalam pembentukan tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah.

“Pelaku UMKM kita dorong untuk memasarkan produk melalui kanal-kanal yang ada di media sosial. Kita mendampingi pelaku UMKM agar produk yang dipasarkan sudah memenuhi kriteria standar dan memperhatikan kualitas produk baik dari segi kemasan, labeling maupun kualitas produk itu sendiri,” jelasnya.

Untuk digitalisasi pembayaran, pelaku UMKM diarahkan untuk memanfaatkan aplikasi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dengan melibatkan seluruh perbankan yang ada di Sinjai.

“Berdasarkan data dari beberapa perbankan sudah ratusan UMKM yang memanfaatakan aplikasi ini dan kita upayakan jumlahnya semakin meningkat lagi. Sebab, melalui aplikasi ini pembayaran dapat dilakukan dengan mudah dan aman bagi pelaku usaha dan konsumen,” imbuhnya.

Dari segi perizinan, Pemkab Sinjai selalu menyampaikan kepada pelaku ysaha bahwa perizinan sekarang sudah sangat mudah melalui sistem OSS (Online Single Submission) yang ada pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sinjai.

BACA JUGA: Bersama PMI, Pemuda Pancasila Sinjai Berbagi Kebahagiaan ke Warga

Upaya lain yang dilakukan dalam pemulihan ekonomi sambung Andi Mandasini, yakni memfasilitasi pelaku UMKM untuk mendapatkan akses permodalan dari lembaga perbankan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Melalui arahan dan petunjuk dari bapak Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), kami berupaya membantu pelaku UMKM agar akses permodalan dimudahkan. Ini yang kami terus lakukan sosualisasi kepada pelaku UMKM bersama Perbankan,” ujarnya.

Selain itu, melalui OPD terkait dalam bidang perekonomian, pihaknya terus melakukan pembenahan dan peningkatan SDM bagi pelaku usaha melalui pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan maupun dari Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU