Umur TPA Tondong Tersisa Dua Tahun, Kepala DLHK Sinjai Minta Masyarakat Lakukan Ini..

KS –¬†Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Tondong, saat ini jika tidak dilakukan upaya-upaya pengurangan sampah dihitung masa pengoperasiannya hanya akan tersisa Dua Tahun saja.

Hal Ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Drs. Akbar Mukmin saat memberikan sambutan pada pelaksanaan Apel Siaga Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) yang dilaksanakan di Pelataran Parkir Pasar Sentral Sinjai. Rabu, (21/02/2018).

Ia menjelaskan bahwa pengelolaan sampah di Sinjai saat ini perlu menjadi perhatian semua pihak, sebab sampah adalah masalah serius yang perlu ditanggulangi demi mewujudkan kabupaten Sinjai yang sehat.

” Upaya pengurangan timbulan sampah menjadi tanggungjawab kita bersama sebagai leading sektor. saya sangat berharap Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Sinjai bisa bersinergi sengan seluruh Stackholder yang ada guna mewujudkan Sinjai yang bersih sampah tahun 2020,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala DLHK Sinjai, Arifuddin yang dikonfirmasi terkait kondisi TPA Tondong membenarkan hal tersebut dan meminta masyarakat untuk berperan aktif dalam pengurangan sampah di lingkungan masing-masing.

” Agar supaya umur TPA Tondong terselamatkan tahun ini kita lakukan langkah pengurangan dengan prinsip pembatasan penggunaan kantong plastik, penggunaan kantong plastik yang tidak langsung dibuang dan bisa digunakan kembali, dan pemanfaatan daur ulang,” katanya.

Arifuddin juga menambahkan sebagai upaya pertama dalam pengurangan sampah, dirinya berharap agar Rumah Tangga juga bisa memilah sampah organik dan anorganik sebelum petugas UPT Kebersihan membawa sampah ke TPA Tondong.

” Minimal bisa memilah sampah organik dan anorganik, karena yang sampah yang bernilai uang bisa dimanfaatkan kembali dan ditukar denga uang di bank sampah yang telah kami siapkan,” tutup Arifuddin.

A. MIRZA/HIRMAN.